Matematika merupakan mata kuliah dasar untuk semua mahasiswa yang berada di fakultas teknik. Pada teknologi 4.0 banyak kampus yang memanfaatkannya untuk meningkatkan pembelajaran yang tanpa batas ruang dan waktu yaitu dengan menggunakan pembelajaran e-learning, khusus untuk mata kuliah matematika perlu strategi khusus dalam pembelajaran e-learning tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Latex dalam pembelajaran e-learning matematika. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Teknik Sipil salah satu Universitas Terakreditasi unggul di Jakarta sampel diambil dengan metode simple random sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi latex terhadap pembelajaran e-learning matematika. Hasil penelitian menunjukkan nilai gain minimum matematika 10 nilai maksimum 92 rata-rata 66,7366 dan standar deviasinya 3,82936 dari data tersebut terlihat jelas bahwa hasil pembelajaran e-learning dengan aplikasi latex efektif . Aplikasi Latex efektif digunakan pada pembelajaran elearning matematika matematika karena dosen dan mahasiswa bisa lebih mudah membaca dan berdiskusi di forum serta dosen dapat dengan mudah membaca dan menilai kuis mahasiswa
Copyrights © 2020