cover
Contact Name
Sudianto
Contact Email
didacticalmathematics@unma.ac.id
Phone
+6285317777552
Journal Mail Official
didacticalmathematics@unma.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya K H Abdul Halim No.103, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Didactical Mathematics
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 26227525     EISSN : 26549417     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Teaching Mathematics, Development of Mathematics Teacher Professionals, Ethnomatematics in Mathematics Learning, Didactic Design in Mathematics Learning, Lesson Study in Mathematics Learning
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK TERHADAPN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII Zaenal Arifin, Tika Sari, Iik Nurhikmayati,
Didactical Mathematics Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Didactical Mathematics

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis saintifik. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis saintifik dan (3) Melihat respon positif siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi peneltian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII MTs Al-Ma’sum Malausma. Adapun sampelnya adalah kelas VIII B dan kelas VIII C. Analisis data dilakukan dengan menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, indeks kesukaran, dan uji analisis dengan menggunakan uji t dan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis saintifik lebih baik secara signifikan pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar biasa dan terdapat pengaruh positif penggunaan bahan ajar saintifik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Bahan Ajar Berbasis saintifik.
Efektivitas Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiwa Irena Puji Luritawaty
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.324 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i1.1106

Abstract

Abstrak - Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran model snowball throwing terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan satu kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran snowball throwing. Adapun desain penelitian berbentuk one group pretest-posttest design, dimana subjek diberikan tes awal (pretest) untuk mengetahui kemampuan awal, kemudian diberi perlakuan selama jangka waktu tertentu, dan diberi tes akhir (posttest) untuk mengetahui pencapaian akhir setelah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat I di salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu mahasiswa kelas IB. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis yang diujikan dalam bentuk pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan terhadap hasil gain ternormalisasi yang diawali dengan uji normlaitas dan diakhiri dengan uji-t satu sampel. Dari hasil penelitian secara garis besar diketahui bahwa penggunaan pembelajaran model snowball throwing sangat efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa (po ≥ 70%) Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model pembelajaran Snowball Throwng
Peningkatan Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Divisions pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa Maprokhi Maprokhi
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.534 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i1.1111

Abstract

Abstrak—Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang terdiri dari lima komponen: (1) presentasi kelas, (2) tim (kelompok), (3) kuis, (4) skor kemajuan individu, dan (5) rekognisi tim (penghargaan kelompok). Penelitian dilaksanakan di Kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa Kabupaten Tegal dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini adalah instrumen pengukuran hasil belajar berupa instrumen tes tertulis berbentuk uraian, instrumen pengukuran minat belajar matematika berupa angket, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata nilai hasil belajar meningkat dari  49,95 pada kondisi awal menjadi 63,8 pada siklus I dan 83 pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan dari 20% pada kondisi awal menjadi 40%  pada siklus I dan 80%  pada siklus II. Rata-rata skor minat belajar matematika juga mengalami peningkatan dari 64,85 (kategori rendah) pada siklus I menjadi 75,85 (kategori sedang) pada siklus I dan 94,25 (kategori tinggi) pada siklus II. Persentase siswa yang mendapatkan skor minat belajar matematika minimal tinggi (tinggi dan sangat tinggi) mengalami peningkatan dari 15%  pada kondisi awal menjadi 30%  pada siklus I dan 85% pada siklus II. Sementara untuk rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD juga mengalami peningkatan dari 79,63% (kriteria cukup) pada siklus I menjadi 93,52% (kriteria sangat tinggi) pada siklus II. Karena indikator keberhasilan/indikator kinerja telah dipenuhi semua pada siklus II, maka penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Bumijawa semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: PTK, kooperatif, STAD,  hasil belajar, minat belajar
Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP Dede Eti Nurhasanah; Nia Kania; Aep Sunendar
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.373 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i1.1113

Abstract

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, sedangkan sampel nya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Islam Abata Malausma. Penelitian ini menggunakan desain penelitian The Nonequivalen Pretes-Postes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Abata Malausma, Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2018/2019. Sementara sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil Penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VIII dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata di akhir pembelajaran sebesar 54 dari skor maksimal 80 yang pada awalnya hanya memiliki rata-rata 5,44 dari skor maksimal 80; (2) Aktivitas siswa ketika pembelajaran menggunakan model discovery learning dalam memecahkan masalah matematika sebesar 80% pada kategori baik . Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa ketika pembelajaran sebesar 4 dari nilai maksimal 5 dan hal itu termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematis, Siswa SMP
Model Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Yeni dwi Kurino
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.783 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i1.1122

Abstract

Abstrak—Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika  pada pembelajaran Matematika  di Sekolah Dasar. Rendahnya hasil belajar tersebut dilihat dari data awal siswa pada pelajaran Matematika , yaitu banyak siswa yang masih dibawah KKM. Dalam hal ini guru mengupayakan agar siswa dalam belajar Matematika  dengan menggunakan model pembelajaran Model Giving Question and Getting Answer .Dengan demikian, siswa mampu menemukan Hasil Belajar dengan caranya sendiri untuk memecahkan masalah dalam pelajaran Matematika . Model penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tindakan yang membahas materi Matematika sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Model Giving Question and Getting Answer , maka Hasil Belajar meningkat. Hal ini terlihat pada tes yang diberikan peneliti kepada seliuruh siswa dikelas V Sekolah Dasar yaitu terdapat peningkatan dari rata-rata nilai Hasil belajar Pada data awal ketuntasan siswa berada pada 11,76%. Selanjutnya, pada siklus I ketuntasan meningkat sebanyak 55,88% dan ketuntasan siswa pada siklus I menjadi 67,64%. Pada siklus II, ketuntasan siswa kembali meningkat sebanyak 8,83% dan ketuntasan siswa menjadi 76,47%. Interaksi siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru lebih kondusif, Hasil Belajar siswa tiap tindakan selama penelitian berlangsung mengalami peningkatan. Kata kunci:hasil belajar, model pembelajaran Model Giving Question andGetting Answer, pembelajaran Matematika. 
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR) Anih Sugriani
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.254 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i2.1294

Abstract

Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilakukan pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SD Negeri Cikondang  masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cikondang  tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 19 orang. Tindakan penelitian dilakukan  dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik analisis deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi terhadap aktivitas  guru dalam pembelajaran  ada peningkatan yakni pada siklus I tindakan 1 bernilai 90,74%, pada siklus I tindakan 2 bernilai 91,66%. Pada siklus II tindakan 1 mencapai 94,43% dan meningkat lagi pada siklus II tindakan 2 yaitu 98,14%. Dalam pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa  juga ada peningkatan, yakni pada siklus I tindakan 1  bernilai 44% (kategori cukup), sedangkan pada siklus I tindakan 2  bernilai 60% (kategori baik). Dan pada siklus II tindakan 1 aktivitas siswa meningkat menjadi 75% (kategori baik)  sedangkan pada siklus II tindakan 2 meningkat menjadi 88% (kategori baik sekali). Pemahaman konsep  berhasil meningkat dengan diperolehnya nilai kemampuan awal sebesar 47,37%. Pada  siklus I meningkat menjadi 68,42% dan  pada siklus II sebesar 100%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Melalui Problem Based Learning Ida Kurnia
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.18 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i2.1293

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah. Initerlihat dari nilai hasil ulangan siswa kelas IV di SD Negeri Cisoka yaitu 12 siswa atau 57,14% yangmemperoleh nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)dan 9 siswa atau42,86% yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika melaluiPenelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDNegeri Cisoka dengan jumlah 21 siswa terdiri dari11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan perolehan hasil belajar siswa pada datanilai ulangan harian semester 1 rata-ratanya 60,95 dengan persentase ketuntasanbelajar 42,86% meningkat pada siklus I rata-rata 69,87 dengan persentaseketuntasan belajar 61,90% dan meningkat pada siklus II rata-rata 80,64 denganpersentase ketuntasan belajar sebesar 80,95%
Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Logika Dan Himpunan Melalui Kegiatan Lesson Study Berbasis Teman Sejawat Ahmadi Ahmadi
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.503 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i2.1254

Abstract

Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial. Metode tutor sebaya atau biasa juga di sebut dengan reciprocal  teaching adalah pendekatan konstruktif yang didasarkan pada prinsip-prinsip penurunan pertanyaan, mengajar dengan keterampilan metakognitif melalui pengajaran dan pemodelan guru/dosen untuk meningkatkan penampilan mahasiswa terhadap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatkan proses pembelajaran dalam memahami mata kuliah Logika dan Himpunan, untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatkan hasil pembelajaran memahami mata kuliah Logika dan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, dan tes. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya : (1) proses pembelajaran pada lesson study II sudah lebih baik setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada lesson study I. Pada lesson study II, suasana kelas dalam proses pembelajaran sangat kondusif karena perhatian mahasiswa sudah terfokus pada kegiatan pembelajaran, mahasiswa sudah memahami materi pelajaran dan mahasiswa sudah mampu menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya (Reciprocal teaching). mahasiswa lebih antusias dan lebih termotivasi dalam pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya (Reciprocal teaching) karena mahasiswa tidak hanya sekedar tahu materi yang dipelajarai tetapi juga lebih memahami dan mempertanggungjawabkan hasil belajarnya. Pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya juga mengajarkan akan pentingnya kerjasama dan saling berbagi baik itu memberi atau menerima demi tercapainya tujuan yang diinginkan, (2) adanya peningkatan hasil belajar antara Lesson Study I dan Lesson Study II. Peningkatan itu terlihat dari perubahan nilai rata-rata dari lesson study I ke lesson study II sebesar 69,2 %. Pada lesson study I, nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa sebesar  84,6  pada lesson study II, hasil yang dicapai mahasiswa sebesar 15,4% 
Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Rifqi Hidayat; Jajang Rahmatudin; Ade Sriwahyuni
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.554 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i2.1499

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara penerapan model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMP pada umumnya, khususnya siswa SMPN 2 Sedong Kabupaten Cirebon. Hasil tes kemampuan awal literasi matematis yang dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Sedong pada kelas VII, VIII, dan IX menunjukkan bahwa, kemampuan literasi matematis pada siswa kelas VIII tergolong rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi. Metode ini digunakan untuk melihat seberapa kuat dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap literasi matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sedong Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019, sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sedong Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala disposisi matematis dan lembar tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP, serta model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh sebesar 37,8% terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Ade Sriwahyuni
Jurnal Didactical Mathematics Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.423 KB) | DOI: 10.31949/dmj.v1i2.1291

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika, dan perlunya penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design dan teknik pengambilan sampelnya Sampling Purposive. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Sedong Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas VIII yaitu 32 siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan literasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBLlebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya secara konvensional.