Menara Ilmu
Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020

EVALUASI KINERJA KARYAWAN BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH CABANG PADANG

Prima Yulianti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas)
Masruri Masruri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Keberadaan lembaga keuangan seperti perbankan baik bank konvensional maupun bank syariah merupakan faktor penting dalam memperlancar pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di akhir tahun 2013, Perbankan Syariah Indonesia telah menjadi the biggest retail Islamic banking di dunia yang memiliki 17,3 juta nasabah, 2.990 kantor bank, 1.267 layanan syariah dan 43 ribu karyawan. Bahkan, Bank syariah di Indonesia memiliki pangsa bagi hasil terbesar di dunia sebesar 30,1% di pertengahan tahun 2014, menurut statistik Bank Indonesia tersebut dapat dilihat meningkatnya Nasabah Bank Syariah seiring dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dari Perbankan Syariah itu sendiri, (data Statistic Bank Indonesia ). Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan, Bank Rakyat Indonesia Syariah terus berupaya mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, seperti pelatihan, promosi jabatan, Locus Of Control dan Self Efficacy karena Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian yang sangat penting dan berpengaruh dalam aktivitas suatu organisasi perusahaan serta merupakan penggerak utama organisasi perusahaan. Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan, promosi jabatan, Locus Of Control dan Self Efficacy terhadap kinerja karyawan Bank Rakyat Syariah Cabang Padang. Selain itu, juga untuk memperoleh gambaran dan analisis verifikatif tentang keadaan karyawan berdarkan data empirik. Hal ini dilakukan untuk memperoleh temuan-temuan yang bisa dijadikan masukan bagi karyawan dalam rangka mewujudkan tindakan positif menuju peningkatan kinerja yang lebih produktif, memiliki kompetensi dan keterampilan serta berpengaruh dalam pembentukan jati diri seorang karyawan untuk sampai pada titik kepuasan dengan bertahan di bawah tekanan dimana nantinya akan mempengaruhi kinerja karyawan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner kepada karyawan Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Padang yang berjumlah 40 orang karyawan, Data yang didapat kemudian disusun dalam tabel – tabel yang menunjukan frekuensi dan presentase nilai dari masing – masing jawaban responden, kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan model teknik analisis regresi sederhana, dan diolah dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPPS). Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling, yakni dengan metode sensus. Hasil yang didapat adalah pelatihan, promosi jabatan, locus of control, dan self efficacy secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata kunci : Pelatihan, Promosi Jabatan, Locus Of Control, Self Efficacy dan Kinerja Karyawan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...