Menara Ilmu
Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020

IDENTIFIKASI SALURAN DAN PERMASALAHAN PEMASARAN PADI SAWAH DI KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN

husnarti husnarti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat-UMSB)
Gusti Amelia (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

pemasaran merupakan ujung tombak suatu usahatani. Petani tidak akan bisa menikmati hasil jerihpayahnya dalam melakukan usahatani jika yang hasil produksi tidak dipasarkan dengan baik. Seringkali petani tidak mendapatkan imbalan setimpal dari harga yang dibayarkan oleh konsumen. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengidentifikasi saluran pemasaran serta permasalahan yang dihadapi petani dalam memasarkan padi sawah. Penetian ini dilakukan di Nagari Pauh Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa saluran pemasaran yang digunakan dalam memasarkan padi sawah di Nagari Pauh hanya terdiri dari dua jenis saluran pemasaran. Sedangkan permasalahan yang dihadapi petani dalam pemasaran padi sawah adalah kesinambungan produksi, rendahnya kemampuan tawar menawar petani, kurang tersedianya informasi pasar, kurang jelasnya jaringan pemasaran, rendahnya kualitas produksi, rendahnya kualitas sumberdaya manusia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...