pemasaran merupakan ujung tombak suatu usahatani. Petani tidak akan bisa menikmati hasil jerihpayahnya dalam melakukan usahatani jika yang hasil produksi tidak dipasarkan dengan baik. Seringkali petani tidak mendapatkan imbalan setimpal dari harga yang dibayarkan oleh konsumen. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengidentifikasi saluran pemasaran serta permasalahan yang dihadapi petani dalam memasarkan padi sawah. Penetian ini dilakukan di Nagari Pauh Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa saluran pemasaran yang digunakan dalam memasarkan padi sawah di Nagari Pauh hanya terdiri dari dua jenis saluran pemasaran. Sedangkan permasalahan yang dihadapi petani dalam pemasaran padi sawah adalah kesinambungan produksi, rendahnya kemampuan tawar menawar petani, kurang tersedianya informasi pasar, kurang jelasnya jaringan pemasaran, rendahnya kualitas produksi, rendahnya kualitas sumberdaya manusia.
Copyrights © 2020