Menara Ilmu
Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020

PERAN DINAS TENAGA KERJA KOTA BATAM TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA KERJA PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Riko Riyanda (Unknown)
Atanasius Dula (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bagi sektor Ketenagakerjaan dan mendeskripsikan strategi perencanaan pembangunan ketenagakerjaan yang dirancang oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam dalam meningkatkan Kompetensi tenaga kerja pada Era Masyarakat Ekonomi Asean serta memetakan faktor-faktor yang menjadi penghambat perencanaan pembangunan ketenagakerjaan, yang dialami oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan wawacancara dan dokumnetasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Integrasi MEA ini membawa dampak positif bagi sektor tenaga Kerja. Terdapat kesempatan yang sangat besar bagi para pencari kerja, karena banyak tersedia lapangan kerja dengan berbagai kebutuhan keahlian yang beraneka ragam. Selain itu, akses untuk pergi keluar negeri dalam rangka mencari pekerjaan menjadi lebih mudah bahkan bisa jadi tanpa ada hambatan tertentu. Untuk itu, sebagai leading sector pengembangan kompetensi tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Kota Batam bertanggung jawab untuk mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja dengan menjalankan program peningkatan kompetensi yang terintegrasi, untuk menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, produktif, efisien, dan efektif dalam melakukan tugas dan pekerjaannya sehingga mampu bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi Asean ini. Kata Kunci : Masyarakat Ekonomi ASEAN, Perencanaan Pembangunan, dan Kompetensi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...