Menara Ilmu
Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO.1 APRIL 2021

PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018)

Rahmaita, Rahmaita (Unknown)
Nini, Nini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja, likuiditas dan leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia Periode 2014-2018. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba.Dalam analisis rasio, kemampuan menghasilkan laba dapat dikaitkan dg penjualan, aset atau modal. Apabila perusahaan menghasilkan profitabilitas yang tinggi, maka perusahaan akan banyak diminati oleh para investor untuk berinvestasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman periode 2014-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pemilihan sample berdasarkan para karakteristik tertentu. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Stock Exchance (IDX) periode 2014-2018.Jumlah sebanyak 9 perusahaan dengan 45 data.Hasil penelitian menyatakan bahwa Perputaran Modal Kerja (X1) memiliki pengaruh yang negatif terhadap profitabilitas, Likuiditas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci :Perputaran modal kerja (WCT), likuiditas (CR), Leverage (DAR) dan profitalitas (ROA).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...