Menara Ilmu
Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SDN 07 VII KOTO SUNAGI SARIAK

Syari, Elsy Melia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA diperkirakan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat yang berakibat kurangnya perhatian siswa terhadap guru, siswa juga lebih kurang percaya diri berbicara langsung dengan guru, serta rendahnya motivasi belajar dan penggunaan media belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Eksperimen pada pembelajaran IPA dengan kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 07 VII Koto Sungai Sariak. Pada penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 56 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sehingga terpilih kelas V.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas V.1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Eksperimen memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai pada kondisi awal kelas eksperimen diperoleh rata-rata 70,68 dan rata-rata nilai siswa kelas kontrol 80,93. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode Eksperimen pada kelas eksperimen dan pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 79,14 pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 60,72. Berdasarkan analisis uji hipotesis yang telah didapatkan dari penelitian ini dengan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk 54 dari tabel diperoleh harga t(0.975)(54) = 2,006 diperoleh thitung 2,84 diperoleh harga terlihat bahwa thitung ttabel. Kriteria pengujiannya adalah terima Ho jika terletak antara (-2,006) sampai 2,006 dan tolak Ho jika mempunyai harga lain. Demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode Eksperimen pada pembelajaran IPA Mendeskrispsikan Sifat-sifat Cahaya memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 07 VII Koto Sungai Sariak. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, hasil belajar IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...