Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Etnomatematika: Eksplorasi gamelan Jawa karawitan dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM)

Nuryadi Nuryadi (universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Isna Kholifa (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan diperolehnya deskripsi kajian matematika dalam gamelan jawa karawitan khususnya alat-alat musik dengan pendekatan STEM. Melalui pembelajaran berbasis STEM siswa dapat menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengidentifikasi pertanyaan dan masalah dalam kehidupan siswa, menjelaskan fenomena alam, merancang dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti tentang masalah yang terkait budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan alat musik gamelan sebagai media pembelajaran di Sekolah khususya Sekolah Menengah Kejuruan Kesenian.  Prosedur penelitian kualitatif model etnografi dimulai dengan menetapkan seorang guru sebagai informan kunci (key informant), melakukan wawancara, pengamatan alat-alat musik karawitan jawa, dan memulai mengajukan pertanyaan deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis domain, yaitu memperoleh gambaran umum dan menyeluruh dari alat-alat musik karawitan sebagai objek penelitian, kemudian mengkaji secara matematika dengan pendekatan STEM, yaitu mengindentifikasi objek, merencanakan dan melakukan penyelidikan, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan membuat sebuah kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara alat musik gamelan jawa karawitan dengan pembelajaran  matematika. Terutama pada kajian unsur-unsur  dan sifat yang memiliki bentuk lingkaran, trapesium, persegi panjang, tabung, balok,  bola, dan kerucut.  Kajian sifat-sifat alat musik gamelan karawitan jawa  kemudian disesuaikan dengan Kompetensi Dasar SMK Kejuruan Kesenian, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran matematika dikelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...