Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Persepsi siswa terhadap pembelajaran klasifikasi organisme berbasis daring

Dwi Haryanti (Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Suwarto Suwarto (Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Dudy Iskandar (Guru SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, memaksa SMA N 1 Tawangsari untuk menerapkan pembelajaran daring secara intensif. Namun penerapan ini perlu evaluasi agar diketahui bentuk pembelajaran daring seperti apa yang diinginkan siswa. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah memahami persepsi siswa dalam mempelajari materi Klasifikasi organisme berdasarkan pembelajaran berbasis daring.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan angket yang disebarkan kepada siswa. Hasil persepsi sebagian besar siswa menyatakan mendukung pembelajaran daring dengan e-learning dan setuju dengan kemudahan aksesibilitasnya, namun sangat rendah dari sisi kemudahan penggunaan, pemahaman materi, dan interaksi. Sehingga 65% menyatakan e-learning tidak menarik dibandingkan belajar tatap muka, 30% menyatakan masih menarik, dan sisanya ragu-ragu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...