Berdasarkan pengamatan data awal di kelas 5 SD Negeri Cimahi Mandiri 4 mengenai keterampilan menulis surat undangan, beberapa masalah ditemukan, yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam menulis surat undangan dengan perhatian pada ejaan dan pemilihan metode pembelajaran yang tidak tepat yang digunakan. Berdasarkan ini, desain penelitian menulis surat undangan disiapkan menggunakan metode ESTIGA. Metode ESTIGA adalah kombinasi dari model kooperatif tipe STAD, metode pengacakan dan tinggi kalimat. Pembelajaran terdiri dari pendekatan untuk presentasi mater, tim, perjuangan, menulis surat dan tinggi kalimat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Prestasi belajar siswa dalam data awal hanya 4 orang (20%) ada perubahan pada siswa yang menyelesaikan 17 orang (85%). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ESTIGA dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar menulis surat undangan di kelas V SD Cimahi Mandiri 4, Kecamatan Cimahi Tengah, Kabupaten Cimahi.
Copyrights © 2021