COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE ESTIGA (STAD, SCRAMBLE DAN PERMAINAN STABILO KALIMAT)

Suminar Suminar (Ikip Siliwangi)
Muhammad Rizal Fauzi (Ikip Siliwangi)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Berdasarkan pengamatan data awal di kelas 5 SD Negeri Cimahi Mandiri 4 mengenai keterampilan menulis surat undangan, beberapa masalah ditemukan, yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam menulis surat undangan dengan perhatian pada ejaan dan pemilihan metode pembelajaran yang tidak tepat yang digunakan. Berdasarkan ini, desain penelitian menulis surat undangan disiapkan menggunakan metode ESTIGA. Metode ESTIGA adalah kombinasi dari model kooperatif tipe STAD, metode pengacakan dan tinggi kalimat. Pembelajaran terdiri dari pendekatan untuk presentasi mater, tim, perjuangan, menulis surat dan tinggi kalimat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Prestasi belajar siswa dalam data awal hanya 4 orang (20%) ada perubahan pada siswa yang menyelesaikan 17 orang (85%). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ESTIGA dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar menulis surat undangan di kelas V SD Cimahi Mandiri 4, Kecamatan Cimahi Tengah, Kabupaten Cimahi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...