Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Vol 6 No 1 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis

PENGARUH FIRM SIZE, GROWTH DAN ADVERTISING TERHADAP PROFITABILITAS DAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUBSEKTOR FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019

Stefani Chandra (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Okalesa Okalesa (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Jessica Millenia (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

This study aims to determine the effect of firm size, growth and advertising on the profitability and stock returns of pharmaceutical subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The population in this study includes all pharmaceutical subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period of 2015-2019, namely 10 companies. The sampling technique used was purposive sampling method which were based on predetermined criterias and 8 companies were obtained as the samples. The analysis method used in this study was multiple linear regression analysis using SmartPLS 3. The results indicated that firm size has a significant effect on profitability, while growth and advertising have no significant effect on profitability. Firm size, growth, advertising and profitability have no significant effect on stock returns. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm size, growth dan advertising terhadap profitabilitas dan return saham perusahaan subsektor farmasi di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 yaitu sebanyak 10 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil yang diperoleh adalah firm size berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan growth dan advertising tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Firm size, growth, advertising dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KURS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, ...