cover
Contact Name
Stefani Chandra
Contact Email
stefanichandra_28@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
kurs@pelitaindonesia.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
ISSN : 25278223     EISSN : 25278215     DOI : -
Core Subject : Economy,
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, Kewirausahaan, Manajemen dan Bisnis serta penelitian – penelitian lain yang terkait.
Arjuna Subject : -
Articles 141 Documents
POLA DAN PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMILIHAN KELAS PERAWATAN PESERTA BPJS KESEHATAN MANDIRI DI KOTA PEKANBARU Riati Bakce; Rahmi Zainal
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.817 KB)

Abstract

JKN is a national health insurance to guarantee public health. JKN can be held through the Health Insurance Agency (BPJS) Health. BPJS health service delivery provides three choices of treatment rooms namely class I, class II and class III. This study aims to determine the patterns and differences in decisions regarding the selection of Mandiri BPJS Health care participants in Pekanbaru City based on demographic, social and economic characteristics. The study population was independent health BPJS participants in the city of Pekanbaru. The sample taken is 30 coconut families who choose class I treatment; 30 family heads who chose treatment class II and 30 coconut families who chose class III treatment with the method purphosive sampling. Based on demographic characteristics, the decision on the selection of the nursing class tends not to differ by sex; young family heads tend to choose treatment class II, adult age heads tend to choose class III care, family heads older age tend to choose class I care and the greater the number of family members respondents tend to be the lower class of care chosen. Based on social characteristics, the higher the level of education, respondents tend to choose a higher class of care. Decision making of treatment classes tends to not differ based on the marital status of the head of the family. Based on economic characteristics, the higher the level of income shows the tendency of the higher class of care chosen. JKN merupakan jaminan kesehatan nasional untuk menjamin kesehatan masyarakat. JKN dapat terselengara melalui Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.Penyelengaraan pelayanan kesehatan BPJS menyediakan tiga pilihan ruang perawatan yakni kelas I, kelas II dan kelas III. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola dan perbedaan keputusan pemilihan kelas perawatan peserta BPJS Kesehatan Mandiri di Kota Pekanbaru berdasarkan karakteristik demografi, sosial dan ekonomi.Populasi penelitian adalah peserta BPJS kesehatan mandiri di Kota Pekanbaru. Sampel yang diambil yakni30kelapa Keluarga yang memilih perawatan kelas I; 30 kepala keluarga yang memilih kelas perawatan II dan 30 kelapa keluarga yang memilih perawatan kelas III dengan metode purphosive sampling.Berdasarkan karakterisrik demografi, Keputusan pemilihan kelas perwatan cenderung tidak berbeda berdasarkan jenis kelamin; kepala keluarga berumur mudacenderung memilih kelas perawatan II, kepala keluarga umur dewasa cenderung memilih kelas perawatan III, Kepala keluarga berumur lebih tua cenderung memilih kelas perawatan I dan semakin besar jumlah anggota keluarga responden cenderung semakin rendah kelas perawatan yang dipilih.Berdasarkan Karateristik sosial semakin tinggi tingkat pendidikan responden cenderung memilih kelas perawatan yang lebih tinggi. Pengambilan keputusan kelas perawatan cenderung tidak berbeda berdasarkan status perkawinan kepala keluarga.Berdasarkan karakteristik ekonomi semakin tinggi tingkat pendapatan menujukkan kecenderungan semakin tinggi kelas perawatan yang dipilih.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, BEBAN KERJA DAN SISTIM KARIR TERHADAP IKLIM ORGANISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI RIAU Hare Ananta Genasa; H. Harlen; Machasin Machasin
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 2 No 1 (2017): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.208 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of variable Leadership, Workload and System Career against Climate Organization and its influence on employee performance Bureau Riau Provincial Secretariat general. The research was conducted on the general Bureau Employees Riau Provincial Secretariat that the total sample of 127 people. In testing the hypotheses make use of statistical analysis using multiple linear regression analysis using SPSS analysis tools. The results showed that simultaneous leadership, workload and career system have a significant influence on the climate of the environment organization the General Bureau of Riau Province Regional Secretariat. But only partially leadership factors that have a significant influence on organizational climate. With good leadership will be able to provide a good organizational climate anyway. However, from this study showed also that Workload no significant effect on organizational climate, as well as the career system has no significant effect on the climate of the organization. The results of this study the presence of a significant impact on the performance of organizational climate, whereby the contribution of organizational climate on the performance of 21.9%. This is understandable because of the organizational climate becomes a major factor when an employee to work in an organization has a good climate and it can provide comfort conducive to employee performance will be high. The theoretical implications that can be derived from this study is the result of this study showed that motivation to work related to the local government through a staffing agency can consider the factors that affect climate such organization is leadership, workload and career system. Efforts to create a good climate of the organization as a leader has an important role in making staffing policy. Pengaruh Kepemimpinan, Beban Kerja Dan Sistim Karir Terhadap Iklim Dalam Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Kepemimpinan, Beban Kerja dan Sistim Karir Terhadap Iklim Organisasi dan pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai Biro umum Sekretariat Daerah Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan terhadap Pegawai Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Riau yang jumlah sampel sebanyak 127 Orang. Dalam melakukan pengujian hipotesa menggunakan analisa statistik dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kepemimpinan, beban kerja dan sistim karir memiliki pengaruh signifikan terhadap iklim organisasi dilingkungan Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Riau. Namun secara parsial hanya faktor kepemimpinan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap iklim organisasi. Dengan kepemimpinan yang baik akan dapat memberikan iklim organisasi yang baik pula. Namun dari penelitian ini diperoleh juga bahwa beban kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap iklim organisasi, begitu juga sistim karir tidak berpengaruh signifikan terhadap iklim organisasi. Hasil penelitian ini terdapatnya pengaruh yang signifikan iklim organisasi terhadap kinerja, dimana kontribusi iklim organisasi terhadap kinerja 21.9%. Hal ini bisa difahami karena faktor iklim organisasi menjadi faktor utama seorang pegawai untuk bekerja apabila dalam suatu organisasi memiliki iklim yang baik dan kondusif maka dapat memberikan kenyaman kepada pegawai maka kinerja akan menjadi tinggi. Implikasi teoritis yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berkaitan dengan motivasi kerja maka pemerintah daerah melalui badan kepegawaian dapat memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi iklim organisasi diantaranya adalah kepemimpinan, beban kerja dan sistim karir. Upaya untuk menciptakan iklim organisasi yang baik maka sebagai seorang pimpinan memiliki peran penting dalam melakukan kebijakan kepegawaian.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PERUSAHAAN JASA SEWA ANGKUTAN PT TABING JAYA Onny Setiawan; Suryadi Effendi
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 1 No 2 (2016): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.271 KB)

Abstract

This study aims to determine the influence of tangibles, empathy, responsiveness, reliability, and assurance towards customer satisfaction at PT Tabing Jaya. The analysis was based on the 40 respondents in the sample. Purposive sampling method was used by distributing questionnaires and then, analysis was done on the impacts of service quality towards customer satisfaction through hypothesis test. The research method used was multiple linear analysis method. The result showed that service quality which consists of tangibles, empathy, responsiveness, reliability, and assurance simultaneously influence the customer satisfaction at PT Tabing Jaya in Pekanbaru. However, tangibles, empathy, responsiveness, and assurance did not have significant impact on customer satisfaction at PT Tabing Jaya in Pekanbaru. This research suggested that the company should put more emphasis on the reliability improvement. Moreover, the company has to conduct evaluation on tangibles and reliability due to many complains on tangibles and company standard of assurance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan, dan jaminan terhadap kepuasan pelanggan PT Tabing Jaya. Analisis didasarkan pada sampel 40 responden. Penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling yang dikumpulkan melalui angket, dilakukan analisis terhadap pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan melalui pengujian hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan, dan jaminan secara silmultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT Tabing Jaya di Pekanbaru. Adapun secara parsial menunjukan bahwa bukti fisik, empati, daya tanggap, dan jaminan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tabing Jaya di Pekanbaru. Penelitian ini merekomendasikan dan menyarankan bagi pengusaha agar lebih menekanakan pada peningkatan kualitas kehandalan. Selain hal tersebut, pihak perusahaan mesti melakukan evaluasi terhadap dimensi bukti fisik dan kehandalan karena terjadi banyak keluhan pada dimensi bukti fisik dan standarisasi perusahaan terhadap jaminan.
ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016 Evelyn Wijaya; Desliana Yunita
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 3 No 1 (2018): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.765 KB)

Abstract

This study aims to obtain empirical evidence about the influence of the company's financial performance represented by the ratio of Current Ratio, Debt To Equity Ratio, and Total Asset Turn Over on Return of Stock. This research uses Purposive sampling method to determine the sample. The sample in this research is food and beverage company listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) during period 2014-2016 with sample number 14 food and beverage company. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. From result of research indicate that variable of Current Ratio, Debt To Equity Ratio and Total Asset Turn Over have no influence and not significant to stock return variable. Penelitian ini bertujuan agar dapat memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang diwakili oleh rasio Current Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Total Asset Turn Over terhadap Return saham. Penelitian ini mengunakan metode Purposive sampling untuk menentukan sampelnya. Sampel dalam penelitian ini merupakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2016 dengan jumlah sampel 14 perusahaan makanan dan minuman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Current Ratio, Debt To Equity Ratio serta Total Asset Turn Over tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Return saham.
ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV. PUTRA RIAU MANDIRI PEKANBARU Suharti Suharti; Mariyanti Silitonga
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 2 No 2 (2017): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.383 KB)

Abstract

The purpose of this research is to identify and analyze the appropriate accounting to be applied at the company, because as a result of accounting is financial reports that can convey information that requared by the owner can make a right decision. The data collection teckniques done by surveys, interviews, and angket. While the method of data analysis used is descriptive method and sign test method. From the result of the study showed that the accounting an CV.Putra Riau Mandiri is still not running efectively. So the company should improve the presentation of the value of the inventory report and the cost of goods sold in the from of liquid assetsby the company in accordance with applicable regulations. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan akuntansi yang sesuai untuk diterapkan pada perusahaan karena hasil dari akuntansi adalah laporan keuangan yang dapat menyampaikan informasi yang dibutuhkan pemilik, sehingga pemilik bisa mengambil keputusan yang tepat. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara Study Pustaka, Wawancara, Observasi, dan Angket.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisa deskriptif dan metode uji tanda. Dari hasil penelitian ini, diperoleh bahwa penerapan akuntansi pada CV.Putra Riau Mandiri Pekanbaru masih belum berjalan dengan efektif. Sehingga perusahaan ini harus meningkatkan penyajian nilai persediaan pada laporan harga pokok penjualan dan dalam bentuk aktiva lancar pada perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA TOKO SJA Sarli Rahman; Diana Diana
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 1 No 2 (2016): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.367 KB)

Abstract

This study aims to analyze the internal control system over merchandise inventory at SJA Shop. The analysis was done using decriptive and analytical methods sign test. The data used consists of primary data and secondary data. Data collection techniques used were interviews, observation, and questionnaries. Based on the research result, it can be argued that the internal control system over merchandise inventory at SJA Shop as a whole has not been going well. This study suggested that SJA Shop should conduct more rigorous control over the organizational structure, authority system, and recording procedure; and should have healthy practice and employees with suitable quality so that the investories can be managed effectively and fraud and losses can be avoided within the company. Penelitian ini bertujuan untuk menganalissi sistem pengendalian intern terhadap persediaan barang dagang pada Toko SJA. Analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan metode sign test. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil peneitian dapat dikemukakan bahwa sistem pengendalian persediaan barang dagang pada Toko SJA belum berjalan dengan efektif. Penelitian ini menyarankan kepada perusahaan agar melakukan pengendalian yang lebih ketat terhadap struktur organisasi, sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab dalam toko agar persediaan barang dagangan dapat dikelola secara efektif guna mencegah terjadinya kecurangan dan kerugian pada toko.
ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI RIAU DENGAN BELANJA MODAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Helly Aroza Siregar
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 1 No 1 (2016): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.857 KB)

Abstract

The aims of this study are to determine whether there is influence between financial performance as measured by the ratio of fiscal independence, effectiveness and efficiency of regional finance ratios to economic growth. The economic growth was measured by using a ratio of GDP growth. The study also seeks to prove whether there is a moderating effect arising between the interaction of Capital Expenditure and financial performance to the economic growth. This research is quantitative descriptive where data used are secondary data obtained from the budget of Riau Province and LRA Riau Province over the last 10 years ie from 2006 to 2015. Data were analyzed using multiple linear regression analysis and to test the moderating effects used Moderated Analysis Regression (MRA). The results showed that in the last ten years (2006-2015) Fiscal Independence and Financial Efficiency does not significantly influence to economic growth while the financial effectiveness significantly influence to Economic Growth in Riau Province. In addition, the ratio of Capital Expenditure on regional expenditure can not be used as a moderating variable in this study because the ratio of Capital Expenditure can not strengthen the links between the Fiscal Independence, Effectiveness and Efficiency of Finance to Economic Growth in Riau Province. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kinerja keuangan yang diukur melalui rasio kemandirian fiskal, rasio efektifitas dan efisiensi keuangan daerah terhadap pertumbuhan ekonomi.Adapun pertumbuhan ekonomi diukur dengan menggunakan rasio pertumbuhan PDRB.Penelitian ini juga berupaya untuk membuktikan apakah terdapat efek moderasi yang ditimbulkan antara interaksi Belanja Modal dan kinerja keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari APBD Provinsi Riau dan LRA Provinsi Riau selama 10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2006 sampai dengan 2015. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan untuk menguji efek moderasi digunakan Moderated Analysis Regression (MRA).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir (2006-2015) Kemandirian Fiskal dan Efisiensi Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi sedangkan Efektifitas Keuangan berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau. Selain itu, Rasio Belanja Modal terhadap Belanja Daerah tidak dapat dijadikan variabel moderasi dalam penelitian ini karena rasio Belanja Modal ini tidak dapat memperkuat hubungan antara Kemandirian Fiskal, Efektifitas dan Efisiensi Keuangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau.
PENGARUH KOMITMEN, MOTIVASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN DAN KINERJA GURU DI SD SE-KECAMATAN RIMBA MELINTANG Maksum Mustaqim; Asmara Hendra Komara; David David
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.796 KB)

Abstract

This research was conducted to know and analyze the influence of commitment, motivation, and leadership to the satisfaction and performance of teachers in SD Rimba Melintang Sub-district. This study was chosen because of the phenomenon and problems related to the satisfaction and performance of elementary school teachers in Rimba Melintang sub-district. This is of course related to many factors, but the authors have a conjecture while factors of commitment, motivation, and good leadership will affect and improve teacher satisfaction and performance. The method used in data collection and this research is questionnaire. The results of this study are: (1) There is a significant and positive influence between commitment to satisfaction. (2) There is significant and positive influence between motivation to satisfaction. (3) There is no significant influence between leadership and satisfaction. (4) There is no significant influence between commitment to performance. (5) There is no significant influence between motivation on performance. (6) There is no significant influence between leadership on performance. (7) There is no significant influence between satisfaction with performance. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen, motivasi, dan kepemimpinan terhadap kepuasan dan kinerja guru di SD se-Kecamatan Rimba Melintang. Penelitian ini dipilih karena adanya fenomena dan masalah yang terkait dengan kepuasan dan kinerja guru SD di kecamatan Rimba Melintang. Hal ini tentu saja berhubungan dengan banyak faktor, akan tetapi penulis mempunyai dugaan sementara faktor komitmen, motivasi, dan kepemimpinan yang baik akan mempengaruhi dan meningkatkan kepuasan dan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam pengambilan data dan penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan dan positif antara komitmen terhadap kepuasan.(2) Terdapat pengaruh signifikan dan positif antara motivasi terhadap kepuasan. (3) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan terhadap kepuasan. (4) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara komitmen terhadap kinerja. (5) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara motivasi terhadap kinerja. (6) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja. (7) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan terhadap kinerja.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK BRI AGRONIAGA, TBK CABANG PEKANBARU Fitriana Fitriana; Zulkarnain Zulkarnain; H. B. Isyandi
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 2 No 1 (2017): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.054 KB)

Abstract

The study was conducted at PT. Bank BRI Agroniaga, Tbk Branch Pekanbaru Riau with the aim to analyze the effect of efficiency, reliability, fulfillment and privacy which are the dimensions of service quality on customer satisfaction levels. To analyze the effect of the overall e-service quality on the satisfaction and loyalty through the customer satisfaction level on E-banking. To analyze the effect e-service quality on the satisfaction and loyalty. The population in this study was 496 customers with a sample of 109 people taken by purposive sampling method. The analysis technique used in this research is path analysis. From the test results that the efficiency and privacy directly influence on customer loyalty, reliability and fulfillment no directly effect on customer loyalty. Customer satisfaction effect on customer loyalty. Efficiency and reliability indirectly no effect on customer loyalty through the customer satisfaction, but fulfillment and privacy indirectly effect on customer loyalty through the customer satisfaction The overall e-service quality effect on customer satisfaction and customer loyalty. Quality of service affects customer satisfaction and customer satisfaction affect the customer loyalty. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank BRI Agroniaga, Tbk Cabang Pekanbaru dengan tujuan untuk menganalisa efisiensi, reliabilitas, fulfillment dan privasi yang merupakan dimensi dari kualitas servis terhadap tingkat kepuasan nasabah; untuk menganalisa secara keseluruhan pengaruh dari kualitas e-service terhadap kepuasan dan loyalitas melalui tingkat kepuasan nasabah pada e-banking; untuk menganalisa pengaruh dari kualitas e-service terhadap kepuasan dan loyalitas. Populasi yang digunakan adalah sebanyak 496 nasabah dengan sampel sebanyak 109 orang yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan penelitian ini adalah path analysis. Hasilnya menunjukkan bahwa efisiensi dan privasi secara langsung mempengaruhi loyalitas nasabah, reliabilitas, dan fulfillment tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan nasabah mempengaruhi loyalitas nasabah. Efisiensi dan reliabilitas secara tidak langsung tidak mempengaruhi loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah, namun fulfillment dan privasi secara tidak langsung mempengaruhi loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. Kualitas e-service secara keseluruhan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah. Kualitas servis mempengaruhi kepuasan nasabah dan kepuasan nasabah mempengaruhi loyalitas nasabah.
MODEL RENCANA BISNIS PRODUKSI GELATIN DARI LIMBAH PENGOLAHAN IKAN Johar Arief
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 1 No 1 (2016): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.7 KB)

Abstract

Gelatin is protein substance, produced by partial hydrolysis of collagen extracted from the bones, skin or any other organs of animals. Nowadays, the needs of gelatin products are increasing in many fields, such as pharmaceutical, food industry, cosmetics industry, and many others. In fact, almost 100% Indonesia’s gelatin demand is imported. Indonesia has abundant resources to produce gelatin. One of the sources for producing gelatin is supplied by the fishery industry. The waste or by-products of the fish (such as skin and bones) originated from fish processing companies can be used as raw material to make fish gelatin. This feasibility study of producing fish gelatin in industrial scale carries out an overall cost leadership strategy, emphasizing the aggressive marketing strategy and high quality product control in order to achieve a high and effective market response. Applying this strategy, it is expected to attain an NPV of IDR 25.2 billion, with a 22% MIRR, which is significantly above the 18% Weighted Average Cost of Capital, and has a payback period less than 9 years. Gelatin merupakan substansi protein yang dihasilkan melalui hidrolisa kolagen yang diekstrak dari tulang, kulit, atau organ lainnya dari mamalia. Gelatin dibutuhkan oleh industri utamanya sebagai bahan pengikat dan pengemulsi. Dewasa ini kebutuhan gelatin oleh berbagai industri semakin meningkat, seperti industri makanan, farmasi, dan kosmetik. Sedangkan hampir 100% kebutuhan gelatin dalam negeri dipenuhi melalui impor. Indonesia sebenarnya memiliki bahan baku yang melimpah untuk memproduksi gelatin. Bahan baku tersebut berasal dari industri pengolahan ikan. Limbah industri pengolahan ikan, yakni berupa kulit dan tulang ikan, bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat gelatin ikan. Studi kelayakan bisnis untuk memproduksi gelatin dalam skala industri ini mengusung strategi overall cost leadership, strategi pemasaran yang agresif, dan pengendalian kualitas produk yang ketat untuk mendapatkan respons pasar yang baik. Melalui strategi ini diharapkan dapat tercapai NPV sebesar 25,2 miliar rupiah, dengan MIRR 22%, dan payback period kurang dari sembilan tahun.

Page 1 of 15 | Total Record : 141