Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen

ANALISIS PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Dwi Agustyawati (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Modal kerja menjadi hal yang penting dibahas dalam usaha meningkatkan profitabilitas dikarenakan modal kerja merupakan pembelanjaan jangka pendek perusahaan yang diharapkan akan dapat kembali lagi masuk dalam perusahaan dalam waktu jangka pendek. Hal ini seiring dengan tujuan utama perusahaan yaitu meningkatkan profitabilitas dikarenakan modal kerja berperan dalam menopang operasi serta kegiatan perusahaan. Adanya modal kerja yang cukup memungkinkan bagi perusahaan untuk beroperasi dengan seekonomis mungkin sehingga perusahaan tidak akan mengalami kesulitan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia pada sektor industri barang konsumsi.Data laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan selama 3 tahun terakhir, dari tahun 2015 – 2017. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Untuk mendapatkan tingkat akurasi dan dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independent (modal kerja) terhadap variabel dependent (Profitabilitas) dengan menggunakan persamaan perhitungan modal kerja dan persaam perhitungan profitabilitas. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa modal kerja memberikan hasil yang signifikan terhadap return on total asset( ROA). Hasil penelitian menunjukan bahwa modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdapat dibursa efek indonesia pada sektor industri barang konsumsi. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel : 0,211> 2,048.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jiam

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Manajemen diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media berbagi ilmu pengetahuan dan karya ilmiah di kalangan akademisi yang menggeluti bidang akuntansi dan manajemen. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, yaitu bulan April ...