cover
Contact Name
Nining Asniar Ridzal
Contact Email
niningasniarridzal84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
niningasniarridzal84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen
ISSN : 25980696     EISSN : 26849283     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi Manajemen diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media berbagi ilmu pengetahuan dan karya ilmiah di kalangan akademisi yang menggeluti bidang akuntansi dan manajemen. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, yaitu bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
TINJAUAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BUTON Rais, muhammad
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyusunan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalaian pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara (Interview), Dokumentasi, Studi kepustakaan (library research). Data analisis dengan Metode deskriptif dan Metode Komparatif.Penyusunan Anggaran Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton berfungsi sebagai alat perencanaan dan pengendalian, hal itu dapat dilihat dari laporan realisasi anggaran yang anggaran belanjanya tidak satupun mengalami penyimpangan yang tidak menguntungkan (realisasi tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan) sehingga penyimpangan menguntungkan ini akan menjadi penghematan dimana dalam penyusunan anggaran, Badan Pengelola Keuangan Rumah Sakit Kabupaten Buton menggunakan data dan informasi yang bersumber dari pengalaman dan juga data aktual tahun-tahun sebelumnya.
SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAN BAHAN BAKU PADA PD. 88 JAYA MAWASANGKA Abdullah, Rudi
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian intern persediaan bahan baku pada PD. 88 Jaya Mawasangka, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis desktiptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern persediaan bahan baku pada PD. 88 Jaya Mawasangka telah berjalan dengan efektif dan efisien.Dengan adanya efektivitas dan efisiensi sistem pengendalian persediaan bahan baku, perusahaan mampu memenuhi permintaan konsumen dan target produksiper tahunnya. Sistem pengendalian intern bahan baku pada PD. 88 Jaya Mawasangka baik dari segi prosedur maupun dari segi biaya begitu pula dengan proses pemilihan bahan bakunya.
PENGARUH KEBIJAKAN TREATMENT KARYAWAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK Pratiwi, Endang Tri
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bukti empiris terkait pengaruh kebijakan treatment karyawanterhadap kualitas laporan keuangan yang dimediasi oleh efektivitas pengendalian internal.Populasi adalah pejabat penatausahaan keuangan dan aset serta bendahara yang terdapat pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Pemkot Baubau. Penentuan besarnya sampel menggunakan formula Slovin dengan jumlah sebesar 102 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner.Teknik analisis data menggunakan path analysis dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan treatment karyawan berpengaruh positif terhadap efektivitas pengendalian internal Pemerintah Kota Baubau.Namun, kebijakan treatment karyawan tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Baubau.Penelitian ini membuktikan adanya efek mediasi penuh oleh efektivitas pengendalian internal pada pengaruh kebijakan treatment karyawan terhadap kualitas laporan keuangan.
PENGARUH KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN ASET DAN PENDAPATAN DAERAH (BPKAPD) KOTA BAUBAU Hasrul.A, La ode Muhammad
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.239

Abstract

Dalam melaksanakan kegiatannya, lembaga pemerintahan pada umumnya sangatmemerlukan sistem akuntansi yang efisien dan efektif. Sistem informasi akuntansi yangbaik dapat diciptakan melalui pengendalian internal (internal control) yang memadai.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh keefektifanpengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada BadanPengelola Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah (BKAPD) Kota Baubau. Jenispenelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi yang akan digunakan adalah seluruhpegawai di lingkungan BPKAPD Kota Baubau yang berjumlah 45 orang. Dari hasilpenelitian yang didapatkan keefektifan pengendalian internal berpengaruh signifikanterhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.
ANALISIS PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN KAS DARI PIUTANG USAHA PADA PT. TOMPOTIKA RAYA Mahmuda, Dewi
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengendalian internal penerimaan kas dari piutang usaha padaPT. Tompotika Raya.Metode analisis data menggunakan metode kualitatif.Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengendalian internal penerimaan kas dari piutang usaha pada PT. Tompotika Raya sudah cukup efektif.Hal ini terbukti dengan adanya pemisahan fungsisehingga transaksi yang terkait penerimaan kas dari piutang usaha tidak dilakukan oleh satu fungsi saja.Selain itu, pengendalian ingternal yang efektif juga terbukti dengan pemakaian dokumen dan catatan akuntansi yangmemadai yang diselenggarakan oleh karyawan berwenang dan juga jaringanprosedur yang berjalan dengan baik.
ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK PADA PT. KENDARI BINTANG LESTARI CABANG BAUBAU Ridzal, Nining Asniar
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.241

Abstract

Biaya pemasaran adalah meliputi semua biaya yang terjadi sejak barang selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang dan barang tersebut dirubah kembali dalam bentuk yang tunai. Profitabilitas adalah Penghasilanyangdiinginkanoleh perusahaandalammenjual produknyapadaperiodeakuntansitertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar biaya pemasaran dan alokasi biaya pemasaran setiap jenis produk serta seberapa besar profitabilitas yang didapat dari tiap jenis produk. Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan dari penelitian ini adalah :Alokasi biaya pemasaran setiap jenis produk berdasarkan fungsi pemasaran untuk periode tahun 2013 sampai 2015 cenderung selalu mengalami peningkatan.Berdasarkan uraian analisa biaya pemasaran dan profitabilitas berdasarkan jenis produk dapat diketahui bahwa biaya pemasaran yang telah dikeluarkan oleh PT. Kendari Bintang Lestari belum dikelola dengan baik.Hal ini terlihat bahwa biaya yang keluar untuk kegiatan pemasaran banyak digunakan untuk kebutuhan karyawan, sedangkan untuk produk hanya sedikit.Dari analisa profitabilitas berdasarkan jenis produk dapat diketahui bahwa produk springbed lebih menguntungkan perusahaan.
PENDAPATAN BAGI HASIL DAN PERLAKUAN AKUNTANSI PADA BANK SYARIAH (STUDI PADA BANK MANDIRI SYARIAH CABANG KOTA BAUBAU) Malik, Ernawati
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 1 (2018): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i1.242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan bagi hasil danperlakuan akuntansi pada bank syariah dengan studi pada Bank Mandiri SyariahCabang Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatifuntuk menganalisis data yang diperoleh.. Berdasarkan hasil analisi data dapatditarik kesimpulan bahwa ada dua akad yang digunakan oleh Bank MandiriSyariah Cabang Kota Baubau dalam bagi hasil yaitu akad mudharabah dan akadmusyarakah sesuai PSAK 105 (paragraph 4) dan PSAK 106 dan pengukurankeunungan/kerugiannya. Perhitungan bagi hasil untuk nasabah telah ditentukanmelalui rumus yang telah disediakan.
PENERAPAN PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN (PPH) PASAL 21 PEGAWAI TETAP PADA PT. BUMI MITRA BUTON ABADI Malik, Ernawati
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i2.243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laporan Pajak Terhutang dan pemotongan pajak atas pegawai tetap PT. Bumi Mitra Buton Abadi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perpajakan No. 36 Tahun 2008.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemotongan pajak penghasilan atas pegawai tetap dan laporan pajak terhutang pada PT. Bumi Mitra Buton Abadi belum sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perpajakan No. 36 Tahun 2008 karena adanya selisih pembayaran sebesar Rp. 200.000,00. Selisih pembayaran tersebut disebabkan oleh perbedaan penggunaan dasar Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Dasar PTKP yang digunakan oleh PT. Bumi Mitra Buton Abadi masih mengacu pada peraturan lama dengan nilai PTKP sebesar Rp. 48.000.000,00 sedangkan perhitungan menurut Undang-Undang Perpajakan No. 36 Tahun 2008 sebesar Rp. 72.000.000,00. Dengan adanya selisih pembayaran maka PT. Bumi Mitra Buton Abadi harus melakukan pembetulan pada tahun 2017.
TINJAUAN ATAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN KAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BUTON Pardana, Deki
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i2.244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian internal penerimaan kas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buton. Dengan sampel data sistem pengendalian internal penerimaan kas tahun 2015 sampai dengan tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengendalian internal penerimaan kas pada PDAM Kabupaten Buton sudah berjalan baik dilihat dari prosedur penerimaan kas yang ada pada perusahaan yaitu prosedur pencatatan pemasangan air, prosedur pembayaran dan penagihan, prosedur pembukuan, dan prosedur pelaporan.
PENERAPAN TAX PLANNING SEBAGAI ALTERNATIF MEMINIMALKAN PAJAK UNTUK MENGOPTIMALKAN LABA PERUSAHAAN PADA CV. LINBO Ridzal, Nining Asniar
Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 1 No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/jiam.v1i2.245

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan tax planning sebagai alternatif meminimalkan pajak untuk mengoptimalkan laba perusahaan pada CV. Linbo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan memberikan gambaran keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti berdasarkan faktafakta yang ada, dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis berbagai macam data sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu., maka CV. Linbo dikenakan tarif pajak final sebasar 1% dari peredaran bruto. Sehubungan dengan pengenaan tarif final 1% makaCV. Linbo tidak bisa menerapkan tax planningkarena tax planning hanya bisa diterapkan oleh perusahaan yang peredaran brutonya di atas Rp. 4,8 milyar atau perusahaan yang tidak dikenakan pajak final 1%.

Page 1 of 11 | Total Record : 110