JURNAL BIOEDUCATION
Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Bioeducation

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANXIENTY KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Nukhbatul Bidayati Haka (UIN raden intan lampung)
Nila Ashari (UIN raden intan lampung)
BAMBANG SRI ANGGORO (UIN raden intan lampung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis yang disertai dengan tingginya anxienty yang ada dalam diri peserta didik menjadi salah satu faktor penghambat terbesar dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang efektif akan mampu mengubah kemampuan berpikir kritis menjadi tinggi dan mengurangi anxienty peserta didik melalui penggunaan model yang tepat oleh pendidik. Pemilihan model pembelajaran oleh pendidik menjadikan pusat kesuksesan seorang peserta didik dalam belajar, untuk menghasilkan hasil belajar yang lebih baik lagi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Means Ends Analysis berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan anxienty peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA YP Unila Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan weak eksperimental design dengan The One-Group Pretest-Postest Control Group Design dan teknik sampling yang dilakukan yaitu teknik acak kelas dengan perolehan penelitian di kelas (X MIPA 3, X MIPA 4, dan X MIPA 5). Instrumen penelitian yang digunakan telah diuji kevalidan yang menghasilkan 10 soal tes kemampuan berpikir kritis berupa essay, 30 pernyataan angket anxienty dan 30 pernyataan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan Uji Manova dengan perolehan nilai N-gain kemampuan berpikir kritis kelas X MIPA 3 sebesar 0,65, X MIPA 4 sebesar 0,70 dan X MIPA 5 sebesar 0,62, nilai G-gain anxienty kelas X MIPA 3 sebesar 0,97, X MIPA 4 sebesar 0,84 dan X MIPA 5 sebesar 0,97. Disimpulkan dengan perolehan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya bahwa adanya pengaruh model Means Ends Analysis berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan anxienty peserta didik kelas X di SMA YP Unila Bandar Lampung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...