Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK)
Vol 5, No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1 Januari 2021

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BAHAN PANGAN BERSUBSIDI UNTUK KELUARGA MISKIN DENGAN METODE ELECTRE (STUDI KASUS : KANTOR CAMAT SELESAI)

Ema Yahniar (STMIK KAPUTAMA)
Novriyenni Novriyenni (STMIK KAPUTAMA Jl.Veteran No.4A-9A, Binjai, Sumatra Utara, Telp:(061)8828840, Fax: (061)8828845)
Indah Ambarita (STMIK KAPUTAMA Jl.Veteran No.4A-9A, Binjai, Sumatra Utara, Telp:(061)8828840, Fax: (061)8828845)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2021

Abstract

Di Indonesia subsidi dibidang pangan menjadi instrumen kebijakan distributif pemerintah dalam membangun sektor pertanian. Implementasi kebijakan bersubsidi diselenggarakan untuk meningkatkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan strategis semacam padi, gula, jagung dan lain-lain. Selama ini penentuan penerima bahan pangan bersubsidi untuk keluarga miskin masih belum selektif. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang dapat menentukan siapa saja yang berhak menerima bahan pangan bersubsidi untuk keluarga miskin yang layak menerima bahan pangan tersebut. Sistem pendukung keputusan merupakan salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan pada konsep Outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondisi rumah, status rumah, penghasilan, pekerjaan, dan jumlah tanggungan. Sistem ini menggunakan bahasa pemprograman PHP dan untuk databasenya menggunakan MySQL. Hasil penelitian berdasarkan analisa Metode Electre dengan lima alternatif diperoleh alternatif ke-2 (A2) menjadi alternatif terpilih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK) diterbitkan oleh program studi sistem informatika kaputama sebagai media untuk mempublikasi karya ilmiah dibidang sistem informasi, sistem pendukung keputusan, data mining dan komputer ...