BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Pendekatan Open Ended

Mariam Ar Rahmah (Unknown)
Sumpena Rohaendi (Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang pembelajarannya dengan Pendekatan Open-Ended lebih baik daripada peningkatan siswa yang pembelajarannya dengan metode ekspositori. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menjadikan kelas VIIA kelas eksperimen dan VIIC kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal-soal yang memuat indikator kemampuan komunikasi dan nontes berupa angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan pendekatan open ended tidak lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, meskipun sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan open ended.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FKIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya. ...