Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 6 No. 2 (2020)

Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Metode Brainstorming pada Siswa Kelas XB SMK Negeri 1 Palopo

Harsia (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi melalui metode brainstroming pada siswa kelas XB SMK Negeri 1 Palopo (2) Mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan eksposisi setelah melalui metode brinstorming pada siswa kelas XB SMK Negeri 1 Palopo. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas (PTK). Hasil penelitian membuktikan bahwa, perencanaan dan proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan menggunakan metode brainstorming dapat meningkatkan kinerja guru, minat dan motivasi belajar siswa serta keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XB SMK Negeri 1 Palopo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata, nilai tengah, dan nilai yang sering muncul, serta nilai maksimal pada teks pratindakan, siklus I, siklus II, membuktikan adanya peningkatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...