Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 7, No 1 (2021): April 2021 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian

ANALISIS KOMUNIKASI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UKM PENYAMAKAN KULIT DI SUKAREGANG KABUPATEN GARUT

Fitrin Rawati Suganda (Universitas Garut)
Erik Kartiko (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2021

Abstract

Abstrak Sentra penyamakan kulit yang terletak di Sukaregang Kabupaten Garut didominasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dari 282 unit usaha tersebut, hanya 53 unit usaha dengan kategori kinerja yang baik, dengan indikator utama jumlah produksi yang dihasilkan setiap periodenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Jumlah responden sebanyak 53 orang, dengan jumlah variabel awal adalah 30 variabel. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Faktor Ekploratori. Berdasarkan uji kelayakan instrumen penelitian, hasilnya data valid dan reliabel. Berdasakan hasil Analisis Faktor dari 30 variabel awal, sebanyak 26 variabel yang memenuhi untuk proses analisis faktor selanjutnya, kemudian dari 26 variabel yang dianalisis tersebut terbentuk menjadi delapan faktor yang mempengaruhi kinerja UKM  penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Kedelapan Faktor tersebut diberi nama berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, kedelapan faktor tersebut adalah: Faktor Skala Usaha, Faktor Proses Produksi, Faktor Unsur Produksi, Faktor Kinerja Karyawan, Faktor Eksternal, Faktor Entrepreneurship, Faktor Sumber Daya Manusia, Faktor Rantai Pasokan. Sedangkan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut adalah Faktor Unsur Produksi. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi penelitian berikutnya. Sedangkan secara praktis dapat memberikan informasi dan rekomendasi bagi para pelaku industri penyamakan kulit khususnya yang kinerja usahanya belum begitu bagus agar dapat memperhatikan dan menerapkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja usahanya.Kata-kata kunci: Analisis komunikasi; factor produksi; kinerja usaha; usaha kecil; usaha menengah Abstract The tannery center located in Sukaregang, Garut Regency, is dominated by Small and Medium Enterprises (SMEs). Of the 282 business units, only 53 business units have a good performance category, with the main indicator being the number of products produced in each period. The purpose of this study was to determine and analyze the factors that influence the performance and the most dominant factors that affect the performance of the leather tanning SMEs in Sukaregang, Garut Regency. The number of respondents was 53 people, with the number of first variables, was 30 variables. Sampling with purposive sampling technique. Meanwhile, the data analysis method used a validity test, reliability test, and exploratory factor analysis. Based on the feasibility test of the research instrument, the results are valid and reliable data. Based on the results of the Factor Analysis of the first 30 variables,. 26 variables were fulfilled for the next factor analysis process, then the 26 analyzed variables were formed into eight factors that influenced the performance of the leather tanning SMEs in Sukaregang, Garut Regency. The eight factors are named based on certain considerations, the eight factors are: business Scale Factor, Production Process Factor, Production Element Factors, Employee Performance Factors, External Factors, Entrepreneurship Factors, Human Resources Factors, Supply Chain Factors. While the most dominant factor affecting the performance of the leather tanning SMEs in Sukaregang, Garut Regency is the Production Element Factor. Theoretically, the results of this study are expected to be a reference for further research. While practically it can give information and recommendations for the leather tanneries, especially those whose business performance is not so good, so they can pay attention to and apply factors that can improve their business performance.Keywords: Communication analysis; production factor; business performance; small business; medium-sized businesses

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...