Media Manajemen Pendidikan
Vol 3 No 3 (2021): Februari 2021

Kontribusi Budaya Organisasi, Komitmen dan Komunikasi Interpersonal terhadap Prestasi Kerja Guru IPA

Endang Wahyundari (SMP Negeri 30 Purworejo)
Mulyoto Mulyoto (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi budaya organisasi, komitmen dan komunikasi interpersonal terhadap prestasi kerja guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se Kabupaten Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi 156 orang guru IPA SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo. Sampel diambil sejumlah 110 orang guru secara cluster random sampling. Data pada penelitian ini diambil dengan angket. Uji validasi instrumen dengan menggunakan Pearson Product Moment. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentasi, uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda secara parsial dengan uji t dan simultan dengan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) budaya organisasi, komitmen dan komunikasi interpersonal berkontribusi positif terhadap prestasi kerja guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo: (2) budaya organisasi berkontribusi positif terhadap prestasi kerja guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo: (3) komitmen organisasi berkontribusi positif terhadap prestasi kerja guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo; (4) Komunikasi interpersonal berkontribusi positif terhadap prestasi kerja guru mata pelajaran IPA SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo. Sumbangan efektif total sebesar 43,5%. Berdasarkan fakta ini prestasi kerja guru mata pelajaran IPA SMP se-Kabupaten Purworejo dapat ditingkatkan dengan meningkatkan budaya organisasi, komitmen dan komunikasi interpersonal. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Media Manajemen Pendidikan merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang kependidikan dan manajemen pendidikan yang berasal dari hasil penelitian ataupun kajian teori. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Februari, Juni, dan Oktober oleh Program Studi Manajemen ...