cover
Contact Name
Didi Supriadi
Contact Email
didi.supriadi@ustjogja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
didi.supriadi@ustjogja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Media Manajemen Pendidikan
ISSN : 2622772X     EISSN : 26223694     DOI : -
Core Subject : Education,
Media Manajemen Pendidikan merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang kependidikan dan manajemen pendidikan yang berasal dari hasil penelitian ataupun kajian teori. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Februari, Juni, dan Oktober oleh Program Studi Manajemen Pendidikan, Direktorat Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Media Manajemen Pendidikan menerbitkan naskah-naskah ilmiah dalam cakupan bidang Kependidikan dan Manajemen Pendidikan yang memuat penelitian inovatif, pengembangan, dan best practice dalam manajemen pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 197 Documents
Manajemen Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua-Papua Barat dan Repatriasi Pada Sekolah Mitra di Daerah Istimewa Yogyakarta Ratna Siwi Widayanti
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.10039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) manajemen program Afirmasi Pendidikan Menengah, 2) faktor pendukung dan penghambat program, 3) hasil yang dicapai dari program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitin ini adalah kepala sekolah dan koordinator/pendamping Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) pada sekolah Mitra di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen program Afirmasi Pendidikan Menengah Papua-Papua Barat dan Repatriasi terdiri dari: perencanaan program, pengorganisasian program, pelaksanaan program, dan pengawasan/pengendalian program. 2) Faktor pendukung berasal dari guru dan karyawan, pendampingan dari dinas dan koordinator ADEM DIY, dana yang cukup dari direktorat,  dan faktor penghambat yaitu kemampuan peserta didik penerima beasiswa ADEM masih rendah, motivasi dan ketekunan peserta didik kurang, sifat dan karakter peserta didik yang berbeda dengan peserta didik dari Jawa dan 3) Hasil yang dicapai program ADEM, peserta didik melanjutkan pendidikan melalui jalur Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK), prestasi akademik maupun non akademik. ADEM juga menghasilkan pemerataan pendidikan bagi seluruh warga Negara Indonesai, tidak ada kesenjangan pendidikan serta suksesnya program Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus.
Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Esti Ariani
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 3 (2022): Februari 2022
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i3.10040

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran inklusi ; (2) pengorganisasian pebelajaran inklusi; (3) pelaksanaan pembelajaran inklusi; (4) pengawasan pembelajaran inklusi; (5) faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajarn inklusi; (6) hasil dari pelaksanaan menejemen pembelajaran inklusi, di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen sangat baik: (1) Perencanaan pembelajaran inklusi sangat baik; (2) Pengorganisasian pembelajaran inklusi sangat baik; (3) Pelaksanaan pembelajaran inklusi sangat baik; (4) Pengawasan pembelajaran inklusi baik; (5) Faktor pendukung pembelajaran inklusi yaitu adanya dukungan dari yayasan, warga sekolah, orang tua; adanya SDM, kurikulum, sarana prasarana; adanya layanan yang semakin optimal kepada siswa ABK. Faktor penghambatnya: belum memiliki Guru Pembimbing Khusus sesuai ketentuan, kemampuan Guru Pendamping Khusus perlu ditingkatkan, sarana prasarana untuk siswa ABK belum lengkap; (6) Hasil dari pelaksanaan manajemen pembelajaran inklusi: siswa memiliki kompetensi sesuai tahap perkembangan anak, terbentuknya karakter siswa, meningkatnya kemandirian, tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa ABK, siswa memiliki prestasi.
Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Rejodani Sleman Retno Dwi Wiranti
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.10056

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mengetahui perencanaan gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 2) Untuk mengetahui pengorganisasian gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 3) Untuk mengetahui pelaksanaan gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 4) Untuk mengetahui pengawasan gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman; 5) Untuk mengetahui hasil manajemen gerakan sekolah menyenangkan sebagai penguatan pendidikan karakter di SDN Rejodani Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Rejodani Sleman. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, komite, dan orang tua siswa. Sumber data pendukung adalah dokumen kurikulum dan laporan kegiatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Miles dan Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pengelolaan manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya material, sumber daya metode, sumber daya sarana prasarana, sumber daya hasil, dan sumber daya waktu di SDN Rejodani Sleman dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.         
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Dan Penghargaan Ekstrinsik Langsung Terhadap Profesionalisme Guru Di SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Driyanto Widagdo
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.10063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan penghargaan ekstrinsik langsung secara simultan terhadap profesionalisme guru; (2) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah secara parsial terhadap profesionalisme guru; (3) menganalisis pengaruh budaya  kerja secara parsial terhadap profesionalisme guru; (4) menganalisis pengaruh penghargaan ekstrinsik langsung secara parsial terhadap profesionalisme guru di SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi merupakan seluruh guru di SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian terdiri dari 70 responden yang ditentukan menggunakan metode proportional random sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linier berganda dan uji korelasi parsial. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpimpinan kepala sekolah, budaya kerja dan penghargaan ekstrinsil langsung secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya kerja terhadap profesionalisme guru SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penghargaan ekstrinsik langsung terhadap profesionalisme guru SMP Swasta Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta.
Manajemen Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Dalam Belajar Dari Rumah (BDR) Di SMP Negeri 1 Pengasih Wiyoto Wiyoto
Media Manajemen Pendidikan Vol 5 No 3 (2023): Februari 2023
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v5i3.10101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi perencanaan, pengaturan, penggerakan, pengendalian,  menelaah tingkat efektivitas implementasi, dan memetakan kendala-kendala yang mucul selama pelaksanaan manajemen program pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam belajar dari rumah (BDR) di SMPN 1 Pengasih. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti akan menggali dan menemukan apakah pelaksanaan manajemen program PJJ sudah terlaksana dengan baik. Analisis yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Peneliti mereduksi, menyajikan, menarik kesimpulan dan memverifikasi data. Berdasarkan analisis data,  diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Perencanaan dilaksanakan melalui penetapan tujuan dan rencana kerja operasional (2) Pengaturan dilaksanakan dengan menetapkan mekanisme pengaturan pemanfaatan sumber daya, menetapkan mekanisme sosialiasi rencana kerja dan pengaturan pelaksanaan rencana kerja yang disertai dengan pendistribusian tugas dan wewenang pihak yang terlibat,  (3) Penggerakkan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat, kebijakan di level atasnya dan disesuaikan dengan penjadwalan yang telah ditetapkan sebelumnya, (4) Pengendalian yang dilaksanakan dalam bentuk pengendalian preventif, detektif dan korektif, (5) Tingkat efektivitas dapat dilihat dari tingkat kehadiran peserta didik selama pelaksanaan program PJJ dengan rata-rata kehadiran 93,61%, (6) Kendala yang dialami oleh guru meliputi faktor teknis dan faktor nonteknis.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BOARDING SCHOOL PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK MA’ARIF 3 SOMALANGU KEBUMEN Rahman Khaliq Karuniawan
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i2.10108

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) manajemen boarding school ditinjau dari: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan; (2) strategi pembelajaran Islamic Boarding School pada masa pandemi covid 19 boarding school; dan (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen Islamic boarding school di SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengambil latar di SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Matthew Miles dan Michael Hubberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, implementasi manajemen boarding school di SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen meliputi (a) perencanaan dilakukan dengan baik seperti pengadministrasian dan penyusunan kegiatan; (b) pengorganisasian boarding school dibawah naungan Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen dengan struktur terpisah dan sudah mempunyai tugas sesuai surat keputusan yayasan Rubath Al Kahfi Somalangu; (c) pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik dan berjalan lancar; (d) pengawasan dilakukan secara integritas dan terpadu oleh seluruh komponen pondok dan sekolah
Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Covid 19 di SD Pius Bakti Utama Kutoarjo, Kebumen dan Gombong Propinsi Jawa Tengah Fx Nugroho; Ag.Sri Purnami
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 3 (2022): Februari 2022
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i3.10129

Abstract

;“Manajemen Pembelajaran Jarak  Jauh ( PJJ ) dalam Masa Pandemi Covid 19 di SD Pius Bakti Utama Kutoarjo, Kebumen dan Gombong Propinsi  Jawa Tengah ”. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis pola perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan pola pengawasan  dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam masa pandemi Covid 19 di SD PIUS Bakti Utama Kutoarjo, Kebumen dan Gombong Propinsi Jawa TengahJenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dimana menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Masalah muncul ketika para guru  dan siswa belum terbiasa menggunakan  pembalajaran  daring Berdasarkan hasil analisa maka diperoleh kesimpulan, (1) Kepala sekolah di SD PIUS Bakti Utama Kutoarjo, Kebumen dan Gombong Propinsi Jawa Tengah telah berhasil mengelola pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan baik. (2) Para guru di SD PIUS Bakti Utama Kutoarjo, Kebumen dan Gombong Propinsi Jawa Tengah telah berhasil melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan baik.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19 Tantangan Atau Peluang? Marshela - Pondaag; Deitje A Katuuk; Viktory N. J Rotty; Jeffry S.J Lengkong; Refien K. S Rawung
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i1.10130

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tantangan dan peluang dari pemanfaatan teknologi informasi terhadap pembelajaran online di SMP yang ada di Kota Manado pada masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dan metode survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang ada di Kota Manado yang diambil sebagai sampel adalah 200 siswa SMP. Pandemi Covid-19 sangat memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan di Indonesia termasuk Tingkat Satuan Pendidikan SMP. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran online, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Media yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran online di SMP yang ada di Kota Manado yaitu Whatshap group dan Google Classroom karena aplikasi ini sangat mudah digunakan. Hasil survei dari penggunaan aplikasi perkuliahan online menunjukkan bahwa aplikasi yang paling banyak dimanfaatkan oleh guru dan siswa SMP di Kota Manado adalah kedua Whatshap group sebanyak 60%Google Classroom sebanyak 39%, dan Zoom 1%. Penggunaan media Whatsapp Group dan Google classroom ini menjadi sangat diminati oleh guru dan siswa karena sangat mudah dipahami dan bisa terjangkau oleh sinyal dan paket data yang dimiliki siswa. Namun ada beberapa kendala yang dialami seperti fasilitas yang belum memadai. Berdasarkan hasil survey menyatakan 80% siswa menyatakan belum mempunyai fasilitas laptop dan 80% siswa dalam perkuliahan online menggunakan handphone sebagai media perkuliahan online. Data ini menunjukan masih banyak siswa yang belum bisa mengikuti pembelajaran online secara maksimal. Perubahan paradigma pembelajaran konvensional ke daring, walaupun tidak sulit, akan tetapi memerlukan waktu yang lama. Sebab hal tersebut sangat berhubungan dengan perubahan paradigma budaya akademik. Sebagaimana hasil survei terhadap siswa diperoleh hasil bahwa 80,5% siswa sebelum Covid-19 ini tidak pernah melaksanakan pembelajaran daring. Namun ternyata pemberlakukan perkuliahan online menjadi pemicu percepatan proses transformasi digital pendidikan Indonesia. Jika sebelumnya berbagai wacana, kebijakan pendukung, serta sosialisasi tentang era pendidikan 4.0 belum berhasil. Namun dengan adanya Pandemic Covid-19 justru memberikan dampak luar biasa terhadap transformasi digital di dunia pendidikan menuju tantangan pada era pendidikan 4.0. 
Evaluasi Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta muhsin; Mulyanto Mulyanto
Media Manajemen Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v5i1.11453

Abstract

This study aims to analyze the implementation of the ISO 9001:2008 QMS, analyze the supporting factors, inhibiting factors, and efforts made to overcome obstacles in the implementation of the ISO 9001:2008 QMS implementation at SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. This type of research is a qualitative research using observation, documentation, and interview techniques. The population in this study were principals, teachers, and administration. The evaluation used uses the evaluation of the stake model. Based on the results of the research conducted, it can be seen that the implementation of the ISO 9001:2008 Quality Management System in SMK Muhammadiyah Prambanan is categorized as good once or running effectively. The supporting factors include teachers who have S1 and have received educator certificates, solid management, adequate infrastructure, large number of students and have many achievements, transparently managed finances, the existence of ISO 9001:2008 QMS guidelines, the desire of the parties involved. schools to improve service quality. Inhibiting factors include government policies that change frequently so that they affect the implementation of school curricula, there are still many students whose tuition payments are in arrears even until graduation, and there are still teachers who do not understand the ISO 9001:2008 QMS; Efforts made include socializing ISO to all school residents, making continuous improvements by always conducting periodic evaluations, the ISO team always trying to provide input to school management, optimizing the implementation of the Quality Management System with hard work, working smart and sincerely, improving and complete all deficiencies in the infrastructure data base, and increase cohesiveness among all school members. Keywords: Evaluation, Implementation, QMS ISO 9001:2008.
Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam pengelolaan hasil supervisi akademik di SD Negeri Kemirirejo 3 Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang: Manajemen, kompetensi profesional,supervisi akademik Esti Hariyanti
Media Manajemen Pendidikan Vol 4 No 3 (2022): Februari 2022
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/mmp.v4i3.11474

Abstract

Esti Hariyanti, Management of continuing professional development (CPD) Principal of elementary school (SD) In academic supervision management at SD Negeri Kemirirejo 3 District Magelang Tengah, Magelang City. Thesis. Yogyakarta: Educational Management Study Program, Postgraduate Directorate, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Research objective include: First understanding PKB management of SD principal in the manage of academic supervision result in SD Negeri Kemirirejo 3 District Magelang Tengah Magelang City; second understand the supporting factors, constraints and solutions that affect the management of the PKB Principal in managing the results of academic supervision ; third understanding the results of the PKB management of the SD Principal in managing the results of academic supervision at SD Negeri Kemirirejo 3 District Magelang Tengah Magelang City. This type of research is using a descriptive qualitative research design. Data collection techniques in this research include interviews, observation, and documentation. This research conducted in SD Negeri Kemirirejo 3 District Magelang Tengah Magelang City. The data sources of this research were 1 principal, 16 teachers and 1 supervisor. The data analysis technique used descriptive qualitative analysis which included data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research and discussion show that the PKB Management Program for the Principal of SD in managing the results of academic supervision has been carried out well in SD Negeri Kemirirejo 3 namely: First PKB consists of: Self-Development, Scientific Research, and Innovative Work. Its management is through the management functions of Planning, Organizing, Implementation, and monitoring and Evaluation; second supporting factors, inhibiting factors and solutions were also found from the implementation of PKB Principal Management in managing the results of academic supervision. The supporting factors for the PKB program are mainly the support of school residents and supervisors, dedication, motivation of the Principal, sources of funds in the RKAS and available infrastructure. The inhibiting factors are different teacher competencies, limited funding sources, the same activity time. Solutions that are implemented by rescheduling activities, coordination, and self-funding the use of the obtained teacher professional allowance; third the results of the PKB program are: teacher performance is increasing, learning services are more innovative with various learning media, there is 1 CKS balloon, 3 people who continue to study Masters, modules, best practices, PTS, competency improvement certificates, teacher achievement championships, SKP according to target, and promotion according to target. Keywords: Management, professional competence, academic supervision.

Page 1 of 20 | Total Record : 197