Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam menyusun perencanaan program serta mengelola gurudan staf dalam mewujudkan sekolah adiwiyata, (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan kompetensi manajerial kepala madrasah, (3) Hasil penerapan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di MIN 2 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah sebagai Key informan, guru, komite, siswa, kegiatan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kepala madrasah telah menerapkan kompetensi manajerial dalam menyusun perencanaan program dengan melakukan proses sosialisasi program, pembentukan tim adiwiyata dan memiliki dokumen program sekolah adiwiyata. (2.) Sarana prasarana dana yang minim serta mindset guru yang kurang percaya diri adalah faktor penghambat, faktor yang mendukung adalah guru dan karyawan mudah diarahkan. (3.) Hasil penerapan kompetensi manajerial kepala madrasah yang terasa adalah guru lebih percaya diri sehingga dapat memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif agar bisa mewujudkan program sekolah adiwiyata, serta meraih penghargaan sekolah sehat dan penghargaan adiwiyata nasional.
Copyrights © 2020