Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh antara kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Playen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian populasi karena populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 1 Playen yang berjumlah 61 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis statistik deskriptif, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis dengan analisis regresi ganda, uji t dan korelasi parsial serta sumbangan efektif dan sumbangan relatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja secara sendiri maupun bersama-sama memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 21, 4%. 3) Etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 22,8%. 4) Iklim kerja berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap kinerja guru sebesar 55,8%. Ini artinya apabila kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja meningkat secara bersama-sama maka kinerja guru mengalami peningkatan. Sebaliknya apabila kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja menurun secara bersama-sama maka Kinerja Guru  turut mengalami penurunan. Kata kunci: kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja, iklim kerja, kinerja guruÂ
Copyrights © 2021