Technologia: Jurnal Ilmiah
Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)

RANCANG BANGUN MEDIA PROMOSI KAMPUS BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI PADA UNISKA BANJARMASIN)

Dwi Agung Wibowo (Unknown)
Muhammad Rais Wathani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

ABSTRAKMedia  promosi adalah hal yang sangat penting untuk suatu universitas agar diketahui oleh khalayak ramai, dalam hal ini UNISKA memberi beberapa cara promosi menggunakan media iklan yang berbagai macam, akan tetapi terkadang media iklan dianggap kurang menarik sehingga membuat informasi di dalamnya tidak tersampaikan dengan bagus. Untuk mengatasi hal di atas salah satu teknologi yang semakin berkembang adalah Augmented reality yang menawarkan fitur penggambaran objek menjadi lebih jelas dan rinci karena berbentuk 3 dimensi. Menggunakan teknologi Augmented reality agar promosi yang disampaikan lebih menarik dan juga interaktif. Pada penelitian ini Metode yang digunakan adalah metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun system, sedangkan untuk pembuatan aplikasinya menggunakan Vuforia dan Unity3D, sehingga dapat diimplementasikan pada aplikasi android yang mampu menampilkan gedung serta berbagai fasilitas kampus dalam bentuk 3 dimensi dan video melalui marker yang telah disediakan dalam bentuk gambar. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membuat masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap, menarik dan juga informatif mengenai profil kampus UNISKA. Keywords : Augmented Reality, Media Promosi, Fasilitas Kampus, UNISKA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun ...