Kepekaan siswa pada sesama belakangan ini mulai menurun, remaja kurang perduli dengan lingkungan, dan orang lain, tentunya hal ini kurang baik bagi perkembangan remaja itu sendiri,maka dengan ditumbuhkan empati dapat meningkatkan perilaku prososial (Hoffman, 2000) Dukungan sosial sangat berperan penting dan punya efek yang kuat pada perilaku prososial. Subjek dari penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama ( SMP) dengan berjumlah 265 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive samping. Perilaku prososial diukur dengan menggunakan skala Prosocial Tendencies Measure-Revised (PTMR). Empati diukur menggunakan Emphaty Questionnaire, dukungan sosial di ukur dengan menggunakan skala child and adolescent social support (CASS) . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Hayes. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan perilaku prososial yang dimediasi oleh empati pada siswa.
Copyrights © 2021