Usaha Mikro Kecil dan Menengah harus memiliki daya saing supaya tetap bertahan. Salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing adalah menggunakan media pemasaran yang tepat yang menggabungkan antara media pemasaran offline (konvensional) dan online. Media pemasaran yang dimiliki oleh Usaha Mikro Kecil Menengah DEDE SATOE sebelumnya masih konvensional yaitu dilakukan secara offline, sehingga pertumbuhan pasarnya juga sangat lambat. Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah betujuan membantu DEDE SATOE melengkapi media promosinya dengan media promosi online untuk memperluas pangsa pasar serta mempercepat pertumbuhannya. Tahap yang dilakukan adalah analisis e-commerce platform, pendaftaran, pelatihan dan pendampingan penggunaan e-commerce platform, serta dilakukan pemantauan dan rekapitulasi hasil penjualan melalui e-commerce platform tersebut. Hasil yang diperoleh adalah jumlah transaksi dan jumlah produk yang terjual di 5 online platform yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli mengalami peningkatan signifikan dari periode Juli-Desember 2019 ke Januari-Mei 2020. Di masa datang UMKM harus lebih fokus untuk mengelola penjualan melalui e-commerce platform supaya lebih optimal. Small and medium-sized enterprises (SMEs) must have competitiveness to survive. One strategy to improve competitiveness is to use the right marketing media that combines offline (conventional) and online marketing media. The marketing media owned by DEDE SATOE previously were still conventional, which was done offline, so that the market growth was also very slow. The Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Team helps DEDE SATOE complete its promotional media with online promotional media to expand market share and accelerate its growth. The stage taken is an analysis of e-commerce platforms, registration, training and assistance in using e-commerce platforms, and monitoring and recapitulation of sales results through the e-commerce platforms. The results are the number of transactions and the number of products sold on 5 online platforms namely Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada and Blibli experienced a significant increase from the period July-December 2019 to January-May 2020. In the future DEDE SATOE should focus more on managing sales through e-commerce platforms to be more optimal.
Copyrights © 2020