Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Vol 3, No 1: DESEMBER 2020

Strategi Kampanye Sosial Anti Stigma & Perilaku Hidup Sehat Terhadap Penderita Kusta dan Orang yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK)

Mareta Maulidiyanti (Universitas Indonesia, Program Pendidikan Vokasi)
Pijar Suciati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kampanye sosial yang dilakukan oleh akademisi universitas. Kampanyesosial yang dilakukan merupakan kampanye Anti Stigma untuk menangkal Stigma Negatif untuk Orang YangPernah Mengalami (OYPMK) dan kampanye perilaku hidup sehat khususnya untuk kesehatan gigi dan mulut.Penelitian dilakukan secara deskriptif untuk melihat strategi kampanye sosial seperti apa yang diterapkansebagai upaya menghilangkan stigma negative serta mengajak perilaku hidup sehat. Data yang ditampilkanmerupakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dari hasil observasi dan wawancara. Hasil temuan menunjukkanterdapat pesan kunci utama yang digunakan dalam kampanye kepada masyakarat baik para penderita, OYMPKmaupun masyarakat luas yaitu mencakup tanda lepra, fakta lepra, dan mitos lepra. Ketiga pesan kunci utama inimenjadi pesan yang perlu terus didengungkan agar masyarakat memperoleh literasi dan stigma dapatdihapuskan. Kampanye Sosial yang dilakukan oleh tim Katamataku UI sudah sesuai prinsip-prinsip KampanyeSosial yang dikemukakan para ahli yaitu mengandung penanaman Ide (belief, attitude & value) serta didukungoleh produk nyata untuk mendorong perubahan perilaku. Startegi kampanye yang digunakan berupa mediumcetak (kalender, booklet, dan poster infografis), video edukasi serta door to door campaign.Kata kunci : kampanye sosial, kusta, promosi kesehatan, anti stigma, stigma

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsht

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Sosial Humaniora Terapan is a journal which contains publications in applied science including the social sciences and ...