Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2021)

Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa SMP Swasta Tangerang

Lin Suciani Astuti (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Rezkiyana Hikmah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket konsep diri dan minat belajar sedangkan pengukuran penguasaan konsep berdasarkan soa-soal matematika di buat di google form karena penyebarannya secara online. Analisis data pengujian yang digunakan adalah Regresi Ganda. Hasil analisis data penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan minat belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika, hal ini dibuktikan oleh nilai Fhitung = 19,104  > Ftabel dan nilai Sig = 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap pemahaman konsep matematika, hal ini  diperlihatkan dari hasil perhitungan yang menunjukkan nilai thitung = 4,748 dan sig = 0,000, lebih kecil dibandingkan 0,05. (3) Minat belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini diperlihatkan dari hasil perhitungan yang menunjukkan nilai thitung = 3,690 dan sig = 0,000, lebih kecil dibandingkan 0,05. Walaupun jika dibandingkan dengan konsep diri, minat belajar nilai t hitungnya nya lebih kecil. Sehingga konsep diri lebih berpengaruh besar terhadap pemahaman konsep matematika daripada minat belajar.      

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...