Integral : Pendidikan Matematika
Vol 12 No 1 (2021): INTEGRAL

KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI ERA COVID-19 DAN ALTERNATIF SOLUSINYA

Titi - Rohaeti (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Kecemasan terhadap pembelajaran matematika adalah ketegangan, kekuatan yang mengganggu peserta didik dalam mengerjakan pemecahan masalah yang terdapat pada soal matematika. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika peserta didik di era covid-19 serta mencari solusi untuk mengatasi kecemasan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket menggunakan tipe skala Guttman dengan dua alternatif pilihan yaitu Ya dan Tidak kecemasan matematika peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kategori tingkat kecemasan matematika peserta didik (rendah, sedang, tinggi) dengan mayoritas siswa berada pada kecemasan matematika kategori sedang. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Solusi Kecemasan Matematika, Matematika, Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNR

Publisher

Subject

Mathematics

Description

INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...