Aplikasi emas.ui.ac.id merupakan platform Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis Open Source menggunakan Content Management System - Moodle yang diterapkan di lingkungan Universitas Indonesia. Program Pendidikan Vokasi sebagai bagian dari UI menerapkan aplikasi ini untuk kegiatan belajar-mengajarnya terutama pada saat pandemi. Penelitian ini bertujuan menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan elearning oleh mahasiswa Pendidikan Vokasi UI menggunakan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 243 responden mahasiswa aktif Pendidikan Vokasi dari seluruh Program Studi. Untuk menguji keterkaitan antar variabel dilakukan pengujian menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan program GeSCA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat penerimaan mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI terhadap penggunaan emas.ui.ac.id sebagai platform elearning yang digunakan oleh mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia adalah factor Performance Expentancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Behavioral Intention (BI) dan Facilitating Condition (FC). Hal ini sesuai dengan Model UTAUT yang dikembangkan oleh Venkentash (Venkentash, 2003)
Copyrights © 2020