cover
Contact Name
Debrina Vita Ferezagia
Contact Email
debrinavita@ui.ac.id
Phone
+6285697427947
Journal Mail Official
jurnal.jabt@gmail.com
Editorial Address
Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Gedung Administrasi dan Laboratorium Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia, Depok
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 26221772     EISSN : 26215993     DOI : -
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT) is a journal under the Vocational Education Program of University of Indonesia. JABT is a media for scientific publications that publish the results of applied research on the scope of insurance administration, banking administration, tax administration, accounting, business and others. JABT is published twice a year in January and July. JABT contains an article of research that is a study of the analysis of the latest issues and applied by researchers throughout Indonesia.
Articles 64 Documents
CALCULATION OF UNIT COST WITH TRADITIONAL METHOD AND ACTIVITY BASED COSTING METHOD; CASE STUDY OF DEPOK HEMODIALYSIS CLINIC. supriadi supriadi
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.5 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i2.46

Abstract

AbstractThe purpose of the study is to compare the unit cost calculation method between the Activity Based Costing (ABC) method and the Traditional method. The object used is Hemodialysis (HD) service in a Hemodialysis Clinic in Depok, West Java. This research is a descriptive study, where the data used is secondary data from financial and non-financial records during January 2018 to December 2018 from the HD Clinic. This data is processed to determine the HD service unit costs using 2 methods namely the ABC and Traditional methods. The results of unit cost calculations using 2 methods do not make a difference. Suggestions for calculating HD service unit costs at HD clinics that do not have other services can use one of the two unit cost calculation methodsKeyword. Activity Based Costing, Unit Cost, Hemodialysis
Penyelesaian Piutang Negara Pada Perusahaan BUMN: Sebuah Peran Penting Kementerian Keuangan Republik Indonesia vindaniar putri
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.764 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i1.29

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan peran Kementrian Keuangan Republik Indonesia dalam Proses Penyelesaian Piutang Negara Yang Bersumber Dari RDI (Rekening Dana Investasi) Pada BUMN PT.X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Investasi negara di perusahaan BUMN PT.X mengalami kendala dalam hal pembayaran kembali oleh perusahaan. Hal ini perlu diselesaikan oleh Departemen Keuangan melalui Direktorat Sistem Manajemen Investasi. Tahapan penyelesaian Piutang Negara diatur dalam PMK No.13/PMK.05/2016 dengan menggunakan skema penyelesaian piutang negara yang telah disetujui oleh Menteri Keuangan. Kata Kunci : Piutang Negara, Rekening Dana Investasi (RDI), Restrukturisasi Piutang
EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PROGRAM PENGENDALIAN INFEKSI (PPI) MELALUI EVALUASI PRE TEST DAN POS TEST DI BAGIAN DIKLAT RUMAH SAKIT PUSAT OTAK NASIONAL (RSP PON) Nur Fadilah Dewi
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.459 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i1.23

Abstract

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) RSP Otak Nasional merupakan bagian yang mengurus semua hal terkait pendidikan dan pelatihan pegawai rumah sakit. Salah satu jenis pelatihan yang diadakan, yaitu Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Pelatihan PPI merupakan suatu upaya sistematis dan terencana untuk mengendalikan penyebaran infeksi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan program pengendalian infeksi (PPI) terhadap karyawan RSP PON dengan menggunakan metode pre tes sebelum pelatihan dan post tes setelah pelatihan. Subjek penelitian berjumlah 30 peserta diklat PPI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan metode uji-t berpasangan.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelatihan PPI cukup efektif untuk menambah pengetahuan peserta. Kata kunci: Pelatihan, evaluasi, pre- test dan post-test
PERHITUNGAN CADANGAN PREMI ASURANSI JIWA DENGAN METODE GROSS PREMIUM VALUATION (GPV) Yulial Hikmah
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.004 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i2.49

Abstract

Perusahaan asuransi jiwa maupun umum harus memenuhi persyaratan tingkat kesehatan keuangan yang terdapat dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 71 Tahun 2016, yaitu tingkat sovabilitas, cadangan teknis, kecukupan investasi, ekuitas, dana jaminan, dan ketentuan lain yang berhubungan dengan kesehatan keuangan. Metode Gross Premium Valuation (GPV) merupakan salah satu cara perhitungan cadangan premi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan infromasi mekanisme perhitungan cadangan premi asuransi jiwa dengan metode Gross Premium Valuation (GPV) menggunakan Tabel Mortalita Indonesia dan Tabel Mortalita Modifikasi Perusahaan. Dari hasil tersebut, diperoleh bahwa cadangan premi yang lebih ideal adalah cadangan premi yang menggunakan tabel mortalita modifikasi perusahaan.
KEY FACTORS IN IMPLEMENTING KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BASED ON PROJECT MANAGEMENT Fikri Akbarsyah Anza
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.882 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i2.17

Abstract

Transformasi digital dalam sektor publik (E-government) telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dari banyaknya proyek TIK yang telah berjalan, hanya 15% proyek TIK ini dapat dikatakan sukses. Banyak proyek yang gagal dikarenakan buruknya strategi dan perencanaan, buruknya manajemen SDM, kurang siapnya pemanfaatan TIK yang akan digunakan, serta tergesa-gesanya implementasi TIK tanpa ada perencanaan dan pengujian yang memadai. Proyek TIK ini sendiri sangatlah memakan banyak biaya, sehingga diperlukan suatu penanganan yang baik dalam pengelolaan proyeknya. Salah satu cara untuk dapat menangani proyek ini dengan baik adalah dengan menggunakan sistem pengelolaan proyek yang dapat mengelola pengetahuan (knowledge) dalam pengerjaan proyek tersebut. Menggunakan pendekatan post-positivism dan menganalisis data primer dari responden dengan aplikasi SEM-PLS, peneliti ingin mencari faktor apa saja yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan pemanfaatan pemakaian knowledge management system yang berbasiskan proyek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor Kualitas Sistem, Kualitas Konten, Kualitas Konteks dan Hubungannya, serta Keberkesinambungan Sistem; dapat meningkatkan pemanfaatan knowledge management system berbasiskan proyek yang baik. Dari hasil penelitian ini, didapatkan aplikasi Phabricator adalah Knowledge Management System yang berbasiskan proyek yang cocok untuk dapat diterapkan pada organisasi.  Kata kunci: E-government, Manajemen Pengetahuan, Manajemen Proyek, Proyek TIK
Proses Akuisisi Koleksi Buku di Perpustakaan Bank Indonesia Niko Grataridarga
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.266 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i1.24

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai akuisisi koleksi buku di Perpustakaan Bank Indonesia tujuannya adalah untuk melihat jalannya proses akuisisi tersebut. Proses akuisisi koleksi perpustakaan mencakup beberapa metode seperti pembelian koleksi, hibah atau hadiah, berbagi sumber informasi (information resource sharing), dan terbitan mandiri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada Perpustakaan Bank Indonesia di mana mereka memiliki Divisi Pengembangan Koleksi yang menjalankan proses akuisisi koleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara praktek, observasi partisipan, observasi dokumen dan wawancara. Hasil yang dapat ditinjau adalah proses akuisisi di perpustakaan Bank Indonesia meliputi kegiatan pembelian dan pengumpulan terbitan mandiri internal dari organisasi induk. Kesimpulan yang didapat adalah Perpustakaan Bank Indonesia telah memiliki regulasi dalam proses pengembangan koleksi dan akuisisi namun belum memaksimalkan metode akuisisi lainnya seperti berbagi sumber informasi dan jalianan kerjasama antar perpustakaan. Kata kunci: Pengembangan koleksi; akuisisi koleksi; Perpustakaan Bank Indonesia
ANALISIS KESIAPAN PENGIMPLEMENTASIAN IFRS 17 PADA PERUSAHAAN PERASURANSIAN DI INDONESIA Calista Riva Muskitta; Karin Amelia Safitri
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.456 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i2.51

Abstract

Selang beberapa tahun, tepatnya pada tahun 2017 IASB menerbitkan IFRS 17 yang adalah standar baru bagi kontrak asuransi. Standar ini memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam IFRS 4. IASB menetapkan batas penerapan IFRS 17 pada tahun 2021 dengan penerapan dini yang diperbolehkan. Penelitian ini membahas analisis kesiapan perusahaan perasuransian di Indonesia menerapkan dan mengadopsi IFRS 17 serta mengkaji perbandingan perhitungan laporan keuangan menggunakan IFRS 4 dan IFRS 17. metodologi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metodologi Penelitian Studi Pustaka.
MEKANISME PENGKREDITAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS FAKTUR PAJAK MASUKAN MANUAL hadining kusumastuti
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.16 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i2.40

Abstract

This final assignment discusses the mechanism of crediting of Input Tax on Manual Tax Invoice by Taxable Enterprise who have used e-Faktur according to Fiskus and response from PT XYZ on SP2DK issued by Fiskus and Crediting Input Tax system according to the prevailing taxation regulation. The results of the analysis can be concluded that according to Fiskus on Manual Tax Invoice cannot be Tax Credit on e-Faktur, while PT XYZ has responded that the transaction opponents has not yet required to issued Electronic Tax Invoice and according to the prevailing taxation regulation, as long as the Tax Invoice fulfilled criterions of Article 9 paragraph (2b) of VAT Law then the Tax Invoice can be a Tax Credit..Keywords: Tax Credit, Taxable Entrepreneur for VAT Purposes, Manual Tax Invoice, electronic Tax Invoice
ANALISIS IMPLEMENTASI SE NO.26/PJ/2015 TENTANG PENEGASAN PENGGUNAAN NOMOR SERI FAKTUR PAJAK DAN TATA CARA PEMBUATAN FAKTUR PAJAK DITINJAU DARI ASAS EASE OF ADMINISTRATION (STUDI KASUS PT MI) elsie kesim
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.893 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i1.25

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis implementasi SE No. 26/PJ/2015 tentang penegasan penggunaan nomor seri Faktur Pajak dan tata cara pembuatan Faktur Pajak ditinjau dari asas ease of administration (studi kasus PT MI). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi kepustakaan (Library Research) dan studi lapangan (Field Research). Hasil penelitian dan analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut implementasi SE No. 26/PJ/2015 tidak memberikan certainty (kepastian) kepada Wajib Pajak, tidak efficiency karena Wajib Pajak diharuskan membayar denda, tidak convenience (kenyamanan) karena Wajib Pajak tidak dimudahkan dalam melakukan administrasi, dan dapat dikatakan memenuhi simplicity. Kata kunci: Pajak Pertambahan Nilai, Nomor Seri Faktur Pajak, Ease of Administration
ANALISIS TINGKAT KESADARAN MAHASISWA TERHADAP PENTINGNYA SERTIFIKASI PROFESI Mila Viendyasari
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publisher : Universitas Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.045 KB) | DOI: 10.7454/jabt.v1i2.42

Abstract

The long-term goal of this research is to be useful for stakeholders at the University of Indonesia and help the University of Indonesia Professional Certification Institute. The first target is specifically for this research to be an input for Certification Bodies and University of Indonesia lecturers to always improve socialization regarding the importance of professional certification. Secondly, so that students are more aware of the importance of professional certification. The method used in this study is descriptive analysis method, which is a method that aims to provide an overview of an object of research under study through collected samples or data and make generally accepted conclusions. The sample of this study is the UI Vocational Program students from 11 Study Programs.