Educatif: Journal of Education Research
Vol 3 No 4 (2021): October

Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik

Istiani Indah Novitasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ratnasari Dyah Utami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Andari Sehati (SD Negeri Pucangan 04 Kartasura)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media power point interaktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran tema indahnya keragaman negeriku kelas IV. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus dan dalam 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada tingkat kemampuan komunikasi peserta didik yang dibuktikan melalui 2 siklus yang telah dilakukan. Presentase kemampuan komunikasi peserta didik pada indikator 1 (83%). Indikator 2 (83,5%). Indikator 3 (83%). Indikator 4 (84%). Indikator 5 (84%). Inidkator 6 (85%). Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media power point interaktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran tema indahnya keragaman negeriku kelas IV.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...