Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan
Vol 3 No 1 (2021): April

PENGARUH PARITAS DAN ANTENATAL TERHADAP PERSALINAN PRETERM DI RSUD H. A. SULTHAN DG RADJA BULUKUMBA

Erniawati (Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba, Jalan Abd Azis No.70B Sulawesi Selatan)
Jusni (Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba, Jalan Abd Azis No.70B Sulawesi Selatan)
Sry Darmayaningsih (Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba, Jalan Abd Azis No.70B Sulawesi Selatan)
Asriany (Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba, Jalan Abd Azis No.70B Sulawesi Selatan)
Mudyawati Kamaruddin (Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Laboratorium Klinik, Universitas Muhammadiyah Semarang, Jalan Kedungmundu Raya No. 18 Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2021

Abstract

Latar belakang. Persalinan preterm merupakan persalinan belum cukup umur di bawah 37 minggu dan berat bayi kurang dari 2500 gr, dan etiologi persalinan ini seringkali tidak diketahui. Semakin muda usia kehamilan, semakin tinggi angka kematian perinatal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan persalinan preterm yaitu Faktor maternal meliputi riwayat preterm sebelumnya, umur ibu, paritas ibu, pekerjaan, plasenta previa, kelainan serviks (serviks inkompetensi), malnutrisi, hipertensi dan trauma. Faktor janin meliputi kehamilan kembar (gemelli) dan cacat bawaan (kelainan kongenital). Tujuan. penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan paritas dan antenatal care terhadap persalinan preterm di RSUD H. A. Sulthan Dg Radja Kab. Bulukumba. Metode. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif-Analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional yang dilakukan di RSUD H. A. Sulthan Dg Radja Kabupaten Bulukumba. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin preterm yang diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 subjek. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil. Penelitian menunjukkan bahwa faktor paritas memiliki pengaruh terhadap persalinan preterm dengan nilai p=0,002 sementara faktor antenatal juga memiliki pengaruh terhadap persalinan preterm dengan nilai p=0,001.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Medicine & Pharmacology Neuroscience Public Health

Description

Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan aims to provide both national and international forums to encourage interdisciplinary discussions and contribute to the advancement of medicine, benefiting readers and authors by accelerating the dissemination of research information and ...