Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 2 No 1 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Lidya Syah Nur (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU)
Agus Susanta (Unknown)
Dewi Herawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika  siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 66,98; 74,79; dan 79,51 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 60,60%; 75,76%; dan 84,85%. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah.ABSTRACTThe research aims to improve the learning outcomes of learners with problem based learning model. This research was a Classroom Action Research. To collect the data, the researcher used test. The subject of this research were student of class VIII A at SMP Negeri 13 Kota Bengkulu in academic year 2017/2018 with total number of 33 students. The result of this research shows that applying problem based learning model can improve the result of students mathematic learning. The improvement of students learning result can be seen from the average score in cycle I, cycle II, and cycle III in a row are 66,98; 74,79; and 79,51. Futhermore, the completeness of classical learning in cycle I, cycle II, and cycle III in a row are 60,60%; 75,76%; and 84,85%. Key words :  Learning Outcomes, Problem Based Learning.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...