Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 2 (2020): Vol 7, No 2 (2020), November 2020

PENINGKATAN AKTIVITAS BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS XI IPS 3 SMAN 1 SITIUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hilda Hilda (SMA Negeri 1 Sitiung)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui media audio visual. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Sitiung semester I Tahun Ajaran 2016/2017 dan seorang guru Bahasa Indonesia sebagai pengamat. Peneliti melakukan observasi awal dengan mewawancarai beberapa siswa dan mengamati kondisi sebelum melakukan penelitian. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan berbagai model. Dari hasil obeservasi awal diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa kurang baik, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I, peneliti menemukan hasil obeservasi yang kurang baik dan proses pembelajaran yang kurang efektif. Peneliti melanjutkan kegiatan penelitian pada siklus kedua. Dari pengamatan selama siklus II, terlihat bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat lebih baik dari siklus I.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...