Cakrawala Indonesia
Vol 6 No 1 (2021): Mei-Oktober

PENGGUNAAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK

Yulianti Yulianti (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Nuraini Kasman (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Yusmah Yusmah (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang yang berjumlah 39 siswa yang tersebar pada dua kelas. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dan tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah melalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar menulis cerpen menggunakan metode sugesti imajinasi memperoleh nilai rata-rata 80,84 sedangkan kelompok siswa yang diajar tanpa penggunaan metode sugesti imajinasi memperoleh nilai rata-rata 72,10. Hasil analisis uji t. menunjukkan nilai t hitung yaitu 3,629 ≥ t tabel 2,026 dengan df 37. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi berpengaruh dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang semester II tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...