Peran seorang guru adalah untuk memberikan keteladanan, pengalaman serta ilmu pengetahuan kepada siswa. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan memiliki sense of humor didalam kelas. Guru juga berperan untuk menumbuhkan atau memberikan motivasi belajar kepada siswa agar belajar dengan baik. Penelitianinibertujuan untuk mengetahui hubungan antara Sense Of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Watopute. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Tahapan penelitian dengan screening terhadap 34 guru untuk menentukan guru yang memiliki sense of humor. Terdapat 6 guru dengan jumlah siswa yang diajar adalah 311 siswa yang menjadi populasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sampel diambil 25% dari jumlah populasi, sehingga didapatkan sampel 78 siswa. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Watopute (p=0,000<0,01) dan r=0,401 yang artinya semakin tinggi sense of humor guru maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Tingkat kekuatan hubungan antar variabel berada pada tingkat sedang. Kata Kunci : Sense Of Humor, Motivasi Belajar, Siswa.
Copyrights © 2020