Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda mengerjakan tugas. Prokrastinasi akademik diartikan dengan pengerjaan tugas-tugas yang mendesak, pekerjaan sederhana dan menyenangkan. Prokrastinasi akademik ditemui pada siswa. Siswa mempunyai banyak waktu untuk menunda pengerjaan tugas-tugas dengan bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri bermain game online dengan prokrastinasi akadmeik pada siswa gamer kelas TKJ SMK Negeri 1 Kendari. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian berjumlah 139 siswa. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa pemain game online kelas TKJ SMK Negeri 1 Kendari yang mempunyai kecenderungan menunda mengerjakan tugas-tugas sehingga diperoleh 60 subjek. Instrumen penelitian menggunakan skala regulasi diri bermain game online dan prokrastinasi akademik. Teknik analisis data menggunakan formula korelasi Product Moment Pearson dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 22.0. Hasil uji statistik menunjukkan regulasi diri bermain game online dengan kategori sedang sebanyak 70% sedangkan prokrastinasi akadmeik kategori sedang sebanyak 60%. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,783 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Lebih lanjut, peneliti menemukan hubungan positif antara kedua variabel, artinya jika regulasi diri bermain game online semakin tinggi maka prokrastinasi akademik semakin tinggi pula
Copyrights © 2021