Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 5, No 1 (2021)

PENGEMBANGAN MODUL BAGUN DATAR BERBASIS PAIKEM UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Faiz Azhar Arhayu (Universitas Negeri Jakarta)
Yurniwati Yurniwati (Universitas Negeri Jakarta)
Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan modul Asyiknya Belajar Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model Hannafin & Peck. Dalam pelaksanaannya terdapat tiga tahapan prosedur penelitian meliputi analisis, desain, dan pengembangan. Modul ini memuat pembelajaran bidang datar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa SD diantaranya menggunakan gambar benda konkret dan aktifitas fisik yang menarik dan menyenangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 01. Pada tahap pengembangan modul di validasi oleh tiga ahli antara lain ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dan skor rata-rata dari para ahli sebesar 91,11% artinya modul Asyiknya Belajar Bangun Datar layak digunakan siswa kelas tinggi sekolah dasar. Setelah diterapkan pada siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 01 diperoleh rerata skor post-test (84) lebih tinggi dari rerata skor pre-test (52). Hasil tersebut menunjukkan modul Asyiknya Belajar Bangun Datar dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas tinggi. Dengan demikian modul Asyiknya Belajar Bangun Datar layak dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar Matematika oleh siswa sekolah dasar kelas tinggi.Kata kunci: Bidang Datar, Matematika, PAIKEM

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...