Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 3, No 2 (2017)

MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR MELALUI GAYA MENGAJAR SELF CHECK DI SMAN 1 SINDANGWANGI

Suryadin, Tatang (Unknown)
Tohani, Tohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji jumlah waktu aktif belajar dengan menggunakan gaya mengajar Self Check. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar self check terhadap jumlah waktu aktif belajar penjas yang dilakukan di SMAN 1 Sindangwangi Kabupaten Majalengka. menggunakan metode penelitian eksperiment dengan desain one shot case study. populasi kelas XI IPS, teknik purposive sampling kelas terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas XI IPS 1 jumlah 30 peserta didik 12 laki-laki, 18 perempuan. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini adalah format observasi waktu dari Suherman, Berdasarkan pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar self check ini bisa meningkatkan jumlah waktu aktif belajar, karena nilai rata-rata dari 4 kali pertemuan dalam kategori aktivitas belajar hanya 52,09 %  nilai standar dari tiap kategori adalah 50%. Tetapi gaya mengajar self check memiliki pengaruh terhadap jumlah waktu aktif belajar penjasnya. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan peserta didik untuk dapat meningkatkan proses belajarnya, supaya menjadi lebih dewasa dan memiliki pengetahuan yang luas tentang materi penjas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...