Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta
Vol 2 No 2 (2021): Vol. 02 No. 02 Januari 2021

PENGARUH OPERATING LEVERAGE DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHARE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018 – 2019)

Yoga Ramadhan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta)
Andhika Napitupulu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Operating Leverage dan Financial Leverage terhadap Earning Per Share. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Operating Leverage dan Financial Leverage sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Earning Per Share. Populasi dalam penelitian ini adalah berupa data laporan keuangan tahunan dari 37 perusahaan sektor Properti dan Real Estate periode 2018-2019. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan dengan periode penelitian selama 2 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t operating leverage dengan menggunakan formula Degree of Operating Leverage berpengaruh signifikan terhadap earning per share, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel sebesar 3,300 > 2,100. Dan untuk financial leverage dengan formula Degree of Financial Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap earning per share, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel sebesar 0,436 < 2,100. Pada hasil uji F, operating leverage dan financial leverage berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap earning per share sebesar 43,2%, sedangkan sisanya sebesar 56,8% adalah pengaruh dari faktor lainnya yang tidak diteliti hal ini dibuktikan dengan nilai R square (R2) sebesar 0,432.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAPJayakarta

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta (JAP Jayakarta) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta yang diterbitkan setiap 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta (JAP Jayakarta) berfokus pada ...