Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli-Desember 2020

IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI BAHRUL ULUM CANDINEGORO WONOAYU SIDOARJO

Sisca Dewi Agustin (Unknown)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Gufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Akhwani Akhwani (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi active learning dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Bahrul Ulum Candinegoro Wonoayu Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai meliputi: guru kelas IV dan tiga siswa kelas IV. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan. Implementasi strategi active learning dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Bahrul Ulum CandinegoroWonoayu Sidoarjo berdampak positif dan berjalan dengan baik. Adanya peningkatan kegiatan pembelajaran, siswa lebih aktif dalam artian siswa aktif bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaiakan pendapat, serta mampu memecahkan masalah yang didiskusikan atas usahanya sendiri. Nilai akademik siswa meningkat, prestasi akademik sekolah juga meningkat sehingga semua itu berimbas kepada kualitas nilai lulusan yang semakin baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...