JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 2 No 2 (2018)

Pengaruh Group Investigation Berbantuan Science Chain Card Tema Gerak terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa

Ulil Albab (Universitas Negeri Semarang)
Novi Ratna Dewi (Universitas Negeri Semarang)
Indah Urwatin Wusqo (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation berbantuan science chain card tema gerak terhadap kemampuan berpikir logis dan keterampilan berkomunikasi siswa beserta besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan posttest only group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari populasi siswa kelas VIII SMP 1 Kudus tahun 2016, diperoleh kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini didapatkan dari nilai posttest hasil belajar kognitif siswa yang disusun berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir logis serta nilai keterampilan berkomunikasi yang diperoleh melalui tiga kali observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi berdasarkan posttest kemampuan berpikir logis siswa adalah r = 0,13. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi kemampuan berpikir logis memperlihatkan t hitung = 3,00 yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh  nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 1,00 %. Hasil analisis observasi keterampilan berkomunikasi siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah r = 0,75. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi keterampilan berkomunikasi memperlihatkan t hitung = 10,8 yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh  nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 58,00 %. Hasil analisis penelitian juga menunjukkan besarnya pengaruh keterampilan berkomunikasi siswa terhadap kemampuan berpikir logis selama pembelajaran group investigation berbantuan science chain card adalah sebesar 1,00 %. Dapat disimpulan bahwa group investigation berbantuan science chain card tema gerak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis dan keterampilan berkomunikasi siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...