Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018): November 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Noer Zilla Ayu Widiyasari (UPS Tegal)
Suwandono Suwandono (Unknown)
muhammad saefur rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Dalam proses pembelajaran terutama matematika, disamping media belajar juga dibutuhkan model pembelajaran yang baik dan tepat yang disesuaikan dengan materi untuk menunjang dalam peningkatan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Type Make a Match dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas, serta 2) mengetahui bahwa model pembelajaran Kooperatif Type Make a Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 sebanyak 191 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling yang terdiri atas 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 63,35% dari populasi yaitu sebanyak 121 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pengamatan / observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Liliefors, Uji Bartlett dan Uji Analisis Varian Satu Arah (Anava Satu Arah) dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Type Make a Match dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas, serta 2) model pembelajaran kooperatif Type Make a Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tug as terhadap prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...