Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018): November 2018

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

siti mulyawati (UPS Tegal)
Suwandono Suwandono (Unknown)
muhammad saefur rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami matematika karena dianggap pelajaran yang menakutkan. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi model pembelajaran yang menyanangkan. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.Penelitian ini bertujuan : (1) membuktikan apakah ada perbedaan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematikapeserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan model pembelajaran ekspositori. (2) membuktikan keefektifan model pembelajaranberbasis proyek (project based learning) dibanding dengan model pembelajaran ekspositoriterhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang kabupaten Tegal. Jumlah populasi sebanyak 285 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 161 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes uraian untuk instrument tes komunikasi matematis dan tes pilihan ganda untuk instrumen tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematikapeserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan model pembelajaran ekspositori. (2) Penerapan model pembelajaranberbasis proyek (project based learning) lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran ekspositoriterhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...