Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2019): November 2019

Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika

Riski Rikhatuz Zahro (Unknown)
Isnani (UPS Tegal)
Ibnu Sina (UPS Tegal)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Adiwerna bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran mencapai target, (2) Keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada menggunakan model Konvensional, (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada menggunakan model Konvensional, (4) Ada perbedaan Keaktifan dan Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran dengan model Konvensional, dan (5) Keaktifan dan Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada menggunakan model Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Adiwerna. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 5 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, Uji-t satu pihak kanan, Analisis varian multivariate satu arah, dan uji 2-Hotelling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Prestasi belajar matematika peserta mencapai target, (2) Keaktifan belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada menggunakan model konvensional, (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada menggunakan model konvensional, (4) Ada perbedaan Keaktifan dan Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional, dan (5) Keaktifan dan Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada menggunakan model Konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...