Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2020): November 2020

Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Terhadap Keaktifan Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Yuni Kartika Sari (Unknown)
Suwandono (UPS Tegal)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2021

Abstract

Penelitian pada peserta didik Kelas VII Semester II MTs Ma’arif Nu 8 Siandong-Larangan Kabupaten Brebes bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pembelajaran matematika yang diajar menggunkan model pembelajaran open-ended melampaui target, (2) model pembelajaran open-ended lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika, (3) model pembelajaran open-ended lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (4) perbedaan signifikan setelah diajar dengan model pembelajaran open-ended dan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemecahan masalah matematika, (5) model pembelajaran open-ended lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemecahan masalah matematika.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Nu 8 Siandong-Larangan Kabupaten Brebes yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 184 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk essay yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Teknik Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan uji- Hotelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) pembelajaran matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended telah melampaui target, (2) pembelajaran open-ended lebih baik dari pada model pembelajaran secara konvensional terhadap keaktifan belajar (3) pembelajaran open-ended lebih baik dari pada model pembelajaran secara konvensional terhadap pemecahan masalah matematika, (4) ada perbedaan signifikan setelah diajar dengan model pembelajaran open-ended dan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemecahan masalah matematika, (5) pembelajaran menggunakan model pembelajaran open-ended lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan pemecahan masalah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...