JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol 4 No 1 (2021): LOCANA: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

PERSEPSI SISWA, ORANG TUA, DAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII-A DI MTSN 2 BANJARMASIN

Devi Atika (Unknown)
Sainul Hermawan (Unknown)
Dewi Alfianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2021

Abstract

Mendeskripsikan persepsi siswa, orang tua, dan guru terhadap penggunaan E-learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII-A di MTsN 2 Banjarmasin merupakan tujuan penelitian ini. Jenis penelitian yang berupa deskriptif-kuantitatif dengan sumber data penelitian ialah 27 siswa, 1 guru Bahasa Indonesia, dan 27 orang tua siswa. Instrumen penelitian ialah angket. Teknik pengumpulan data melalui angket. Teknik analisis ialah dengan tahapan menyaring data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan E-learning memeroleh skor rerata 119,4 dengan kategori sangat baik. Hasil ini sejalan dengan persepsi orang tua dengan skor rerata 115,72 dengan kategori sangat baik. Persepsi guru juga memiliki kategori baik karena memeroleh nilai rerata 4,25. Berdasarkan hasil persepsi siswa, guru, dan orang tua, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-learning memiliki persepsi yang sangat baik dan baik. Selain itu, siswa mengharapkan ada saran lain yang dapat digunakan dalam E-learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...