Musamus Journal of Mathematics Education
Vol 3 No 1 (2020): Musamus Journal of Mathematics Education

Matematika dalam Arsitektur: Konsep Himpunan dan Perbandingan dalam Konstruksi Lopo di Benteng None

Meryani Lakapu (Universitas Katolik Widya Mandira)
Apridus Kefas Lapenangga (Universitas Katolik Widya Mandira)
Margarita Laos (SD Inpres Taubneno)
Kornelis Bria (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Lopo merupakan salah satu rumah tradisional masyarakat dawan untuk menerima tamu, tempat berdiskusi dan tempat menenun. Konstruksi lopo tanpa dinding dan atap yang tidak sampai ke tanah. Dari penelitian ini elemen-elemen konstruksi lopo dieksplorasi untuk mengetahui konsep himpunan dan perbandingan yang terdapat di dalamnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan konsep-konsep himpunan dan perbandingan dari model-model lingkaran yang terdapat pada atap bagian luar, model-model lingkaran yang terdapat pada atap bagian dalam dan model segiempat yang terdapat pada atap lopo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data atau penyederhanaan data hasil observasi dan wawancara dan menghasilkan gambar penampang lopo beserta ukuran-ukurannya, kemudian peneliti mengkaji data yang ada untuk menemukan konsep-konsep matematika yang terdapat dalam konstruksi atap lopo dan akhirnya melakukan penarikan. Dari penelitian ini ditemukan beberapa konsep geometri yang dapat dijadikan media dalam mempelajari himpunan dan perbandingan serta konsep-konsep ini dapat digunakan sebagai media untuk memperkenalkan hubungan matematika dalam budaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mathematics

Publisher

Subject

Mathematics

Description

FOCUS: The aims of this Musamus Journal of Mathematics Education is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. SCOPE: The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issues ...