Refleksi Pembelajaran Inovatif
Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021

Strategi Pemanfaatan Media Online Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Pandemi Covid-19 Antara Idealita Dan Realita

Dzulkifli Hadi Imawan (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
Edi Safitri (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
A F Djunaidi (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
Muhammad Najib Asyrof (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu materi wajib bagi mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Pendidikan Agama Islam berisi penjelasan tentang akidah, Syariah, dan akhlak serta keteladanan diajarkan untuk membina mahasiswa menjadi muslim yang baik. Tetapi pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan jarak jauh dengan media online (daring). Karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menelisik bagaimana pendidikan Agama Islam dengan daring (online) dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan Research and development in education (R&D). Penelitian ini menemukan bahwa agar dapat dipahami oleh mahasiswa dengan baik upaya pembinaan iman dan adab dalam Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menyiapkan materi dalam bentuk softfile dan video, memanfaatkan media-media online seperti google classroom, youtube, whatsapp, zoom untuk pembelajaran dan melakukan instrument penilaian sebagai evaluasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RPI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI) adalah jurnal yang ditebitkan oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang terbit dua kali dalam setahun. RPI menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, yang ...